Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Langit umumnya cerah, 20.4 ° C

Ratusan Warga Menari Ronggeng di Syukuran Nelayan

Tim Pikiran Rakyat
RATUSAN penari ronggeng padati lokasi panggung pertunjukan hiburan Syukuran Nelayan di Pantai Bojongsalawe Parigi.*/MUSLIH JERRY/KABAR PRIANGAN
RATUSAN penari ronggeng padati lokasi panggung pertunjukan hiburan Syukuran Nelayan di Pantai Bojongsalawe Parigi.*/MUSLIH JERRY/KABAR PRIANGAN

PARIGI,(PR).- Ratusan warga menari ronggeng memeriahkan acara syukuran nelayan di Pantai Bojongsalawe Desa Karangjaldri Kecamatan Parigi, Kamis 19 September 2019. Warga yang tumpah ruah tidak jauh dari pantai, larut dalam kegembiraan di acara tradisional yang rutin dilaksanakan tiap tahun.

Plt Kepala Desa Karangjaladri Yanto Irawan mengatakan, banyak potensi yang dapat diraih dalam gelaran tersebut. Selain potensi pengembangan pariwisata, juga sebagai edukasi bagi masyarakat mengenalkan kebudayaan tradisional.

“Kekuatan budaya kita ini sudah dikenal masyarakat internasional. Ini poin yang bagus untuk mengembangkan pariwisata, khususnya di Kabupaten Pangandaran," ungkapnya.

Menurut Yanto, pergelaran kesenian tradisional ronggeng ini cukup banyak peminatnya. Bukan hanya masayrakat Pangandaran, tapi yang dari luar kota juga banyak yang penasaran.

"Ronggeng ini masih masuk rentetan kegiatan agenda syukuran nelayan di Pantai Bojongsalawe. Bentuk rasa syukur kepada yang Maha Kuasa atas rezeki yang telah diterima," tuturnya kepada wartawan Kabar Priangan, Muslih Jerry.

Sementara itu, penonton asal Parigi Farid (35) menambahkan dirinya sangat menikmati gelaran tari ronggeng secara massal. Ronggeng sangat banyak digemari, terbukti sekarang lokasi dipenuhi para warga yang ikut menari.

"Semua warga tumpah ruah ikut menari. Tidak mengenal kelas ekonomi, mereka semua bergembira. Setiap tahunnya, warga banyak yang menanti kegiatan ini," ucapnya.***

Bagikan: