Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Langit umumnya cerah, 20.4 ° C

Patroli Bersama Jamin Warga Cirebon Aman Keluar Malam

Ani Nunung Aryani
SEJUMLAH Ketua RW Kelurahan Panjunan membantah soal informasi adanya warga Panjunan yang takut keluar rumah Rabu 18 September 2019.*/ISTIMEWA
SEJUMLAH Ketua RW Kelurahan Panjunan membantah soal informasi adanya warga Panjunan yang takut keluar rumah Rabu 18 September 2019.*/ISTIMEWA

CIREBON, (PR).- Sejumlah Ketua RW Kelurahan Panjunan Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon membantah informasi adanya warga Panjunan yang takut keluar malam. 

Menurut Ketua RW 5 Kelurahan Panjunan Zaki Mubarak, meski di sejumlah titik di Kelurahan Panjunan di antaranya Jalan Sisimangaraja dan Benteng, kondisi penerangan jalan umumnya kurang maksimal, namun warga beraktivitas normal seperti biasa saat malam hari.

Patroli rutin yang dilakukan aparat kepolisian dan kunjungan silaturahmi yang sering dilakukan aparat dari kepolisian maupun TNI, menurutnya, sedikit banyak memberikan rasa aman kepada warga.

Makanya, lanjut Zaki, warga sangat mengapresiasi upaya patroli bersama yang bakal dilakukan Pemerintah Kota Cirebon bersama Kodim 0614/Kota Cirebon dan Polres Cirebon Kota, untuk lebih menjamin keamanan Kota Cirebon.

"Selama ini patroli rutin yang dilakukan polisi ke wilayah kami saja sudah membuat kami merasa aman.  Apalagi kalau ditambah patroli bersama TNI dan Polri ditambah unsur Pemkot Cirebon. Kami tentu sangat mengapresiasi," ungkap Zaki Mubarak saat memberikan klarifikasi kepada "PR" Online, Rabu 18 September 2019.

Terjalin erat

Saat memberikan klarifikasi Zaki didampingi sejumlah Ketua RW di antaranya, Ketua RW 2 Sumarsono, Ketua RW 4 Ahmad, Ketua RW 10 Suwarjono dan Ketua Forum Panjunan Bersatu (FPB) Heri Pramono.

Menurut Zaki, informasi akan adanya upaya patroli bersama diperoleh langsung dari Komandan Kodim 0614/Kota Cirebon Letkol Inf Herry Indriyanto yang baru menjabat, saat bersilaturahmi dengan tokoh masyarakat dan para ketua RW se-Kelurahan Panjunan Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon, di kantor Sekretariat Forum Panjunan Bersatu (FPB) Jalan Sisingamangaraja Kota Cirebon, Senin (16/9/19) lalu.

Menurutnya, saat itu kepada Dandim Herry Indriyanto, warga menyampaikan soal kurangnya penerangan jalan umum di sejumlah titik, di antaranya Jalan Sisimangaraja dan Benteng.

Warga juga menyampaikan soal pekerja seks komersial di Jalan Kalibaru yang sudah berlangsung puluhan tahun.

"Kami menyampaikan atau menceritakan kondisi sebenarnya," kata Zaki yang sudah lima tahun menjadi Ketua RW 5 Kelurahan Panjunan.

Menurutnya selama lima tahun menjadi Ketua RW dan 15 tahun menjadi Ketua RT 4/ RW 5 Kelurahan Panjunan, silaturahmi dan komunikasi antara warga, aparat RT dan RW serta se-Kelurahan Panjunan dengan TNI dan Polri sudah terjalin erat. 

"Apalagi dan di lingkungan kami ada Babinsa dan Babinkamtibmas," katanya.***

Bagikan: