Pikiran Rakyat
USD Jual 13.986,00 Beli 14.084,00 | Umumnya cerah, 33 ° C

Ciamis Luncurkan Angkot Ber-AC

Nurhandoko
ILUSTRASI.*/DOK PR
ILUSTRASI.*/DOK PR

CIAMIS, (PR).- Pemerintah Kabupaten Ciamis bekerjasama dengan Organda meluncurkan angkutan kota (Angkot) dengan fasilitas pendingin ruangan atau  air conditioner (AC). Fasilitas baru angkutan tersebut merupakan yang pertama kali di wilayah Priangan timur.

Peluncuran angkot ber-AC dilakukan usai upacara peringatan Hari Perhubungan Nasional 2019 tingkat Kabupaten Ciamis, Selasa, 17 September 2019 di halaman Pendopo Ciamis. Peluncuran perdana ditandai dengan memecah kendi pada ban kendaraan oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya.

Usai peluncuran lima unit angkot ber-ac, Herdiat didampingi Wakil Bupati Yana D Putra serta Plt Kepala Dinas Perhubungan Ciamis Endang Sutrisna langsung naik angkot tersebut menuju Terminal Bus Ciamis.

Fasilitas AC yang dipasang di angkot tersebut merupakan hibah dari pemerintah Kabupaten Ciamis. Direncanakan beberapa angkot lainnya juga menyusul dipasang AC.

"Fasilitas tetsebut untuk memberikan rasa nyaman bagi pengguna angkot. Pemkab menghibahkan lima unit kepada Organda. Selanjutnya Organda yag memilih dan menentukan armadanya," tutur Bupati Ciamis Herdiat Sunarya.

Didampingi Plt Kepala Dinas Perhubungan Ciamis Endang Sutrisna, dia menambahkan, hibah tersebut merupakan tahap pertama. Dengan demikian tidak menutup kemungkinan ada bantuan berikutnya.

"Lebih baik apabila pemilik atau pengusaha yang mengusahakan ac secara mandiri. Jika mampu memberikan rasa nyaman, tentunya akan lebih banyak menarik penumpang," katanya.

Selain itu, Herdiat, juga mengingatkan agar pengemudi angkot juga harus lebih ramah kepada penumpang. Misalnya menyapa, serta memberi senyum kepada penumpang. "Berikan pelayanan terbaik kepada penumpang. Jangan ugal-ugalan di jalan. Nantinya angkot akan dicari masyarakat," tutur Herdiat.

ANGKUTAN kota (angkot) ber-AC berjajar dengan angkot lainnya di Terminal Bus Ciamis, usai peluncuran perdana angkot ber-AC, Selasa, 17 September 2019. Tahap pertama, terdapat lima unit angkot yang dipasang AC hibah dari Pemda Ciamis.*/NURHANDOKO/PR

Sementara itu Sekretaris Organda Kabupaten Ciamis, Ekky Bratakusuma mengatakan inovasi baru angkot ber-ac tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Termasuk juga kenyamanan, keamanan, serta mengurangi kecelakaan lalulintas.

"AC yang dipasang, hibah dari Pemda Ciamis. Kami juga berharap kendaraan tersebut dapat menarik masyarakat beralih naik angkot. Dengan demikian dapat mengurangi kepadatan lalu lintas, yang pada gilirannya mengurangi potensi kecelakaan," kata Ekky.

Berkenaan dengan tarif angkot ber-AC, dia mengatakan bahwa sampai saat ini tidak ada penyesuaian. Hal tersebut juga dimaksudkan menarik masyarakat agar naik angkot.

"Soal tarif diserahkan ke pasar, karena belum diatur. Yang pertama adalah bagaimana masyarakat beralih naik angkot. Ketika sudah merasakan nyaman dan aman, angkot bakal menjadi moda yang sangat dibutuhkan sehingga tidak keberataan ketika memberikan tarif yang lebih dari biasanya," ujarnya.

Terpisah, Makmun salah seorang pengemudi angkot ber-AC mengatakan ada kenailan biaya operasional dibandingkan tanpa AC. Sebelum dipasang AC, biaya operasional membeli BBM sebesar Rp 80.000. Akan tetapi setelah dipasang AC dan ujicoba, biayanya naik menjadi Rp 120.000.

"Otomatis biaya beli BBM naik. Kami juga berharap ada aturan baru untuk penyesuaian tarif," tuturnya.***

Bagikan: