Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Sedikit awan, 20.4 ° C

Puntung Rokok Kembali Picu Kebakaran Lahan Seluas 1 Hektare

Tati Purnawati
FOTO ilustrasi kebakaran di Majalengka.*/TATI PURNAWATI/KABAR CIREBON/DOK. BPBD
FOTO ilustrasi kebakaran di Majalengka.*/TATI PURNAWATI/KABAR CIREBON/DOK. BPBD

MAJALENGKA,(PR).- Kebakaran hutan terus melanda wilayah Kabupaten Majalengka.  Bahkan kebakaran yang terjadi di Blok Pahing, Desa Salagedang, Kecamatan Sukahaji kerugiannya ditaksir mencapai Rp 3.300.000.000,-

Menurut keterangan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Majalengka, Agus Permana, titik kebakaran mulai terlihat pada pukul Minggu 15 September 2019 sekira 18.00 WIB dan membesar pukul 21.00 WIB.

Areal yang terbakar diperkirakan kurang lebih 1 hektare milik Uci warga setempat, namun yang terbakar terdiri dari lahan kebun dan  vegetasi yang terdampak berupa pohon bambu dan hutan produksi tanaman mahoni, dan jati.

“Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 23.05 WIB. Penyebab api diduga berasal dari puntung rokok yang mengenai semak, apinya membakar semak kemudian meluas,” ungkap Agus.

Upaya pemadaman dilakukan secara manual dengan melibatkan Pusdalops PB BPBD sebanyak 8 orang, TNI dari koramil Sukahaji serta anggota kepolsian dari Polsek Sukahaji dibantu sejulah masyarakat.***

Bagikan: