Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Umumnya cerah, 32 ° C

Iuran BPJS Kesehatan Naik, Bupati Jeje Mengaku Deg-degan

Agus Kusnadi
BUPATI Pangandaran, Jeje Wiradinata bersama Wakilnya Adang Hadari saat menyerahkan jaminan kesehatan kartu waluya kepada warga belum lama ini di gedung Islamik Center Pangandaran.*/AGUS KUSNADI/KABAR PRIANGAN
BUPATI Pangandaran, Jeje Wiradinata bersama Wakilnya Adang Hadari saat menyerahkan jaminan kesehatan kartu waluya kepada warga belum lama ini di gedung Islamik Center Pangandaran.*/AGUS KUSNADI/KABAR PRIANGAN

PANGANDARAN,(PR).- Soal kenaikan ieuran BPJS Kesehatan juga direspons oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran. Pasalnya sebelum ada kenaikan BPJS melalui kepemimpinan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata bersama Wakil Bupati Adang Hadari, pemerintah daerah telah menjamin untuk biaya BPJS Kesehatan hampir 20 miliar.

"Nah itu yang menjadi saya deg-degan, karena kita menjamin cukup banyak," ungkap Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, Minggu, 15 September 2019.

Kalau saja kenaikannnya sebesar 50 persen, kata Jeje, pemerintah daerah harus menambah 10 miliar. Jadi, menurut Jeje, anggaran untuk menjamin BPJS Kesehatan bertambah menjadi 30 miliar.

"Ya berat juga, tapi pemerintah daerah akan lebih bijak untuk melihat persoalan yang ada di masyarakat," ujarnya.

Informasinya, iuran BPJS Kesehatan akan ada kenaikan yang diberlakukan mulai 1 Januari 2020 besok seluruh peserta.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kab Pangandaran Dani Hamdani, jumlah peserta BPJS yang ditanggung oleh pemerintah baik dari APBN maupun APBD nelalui program JKN dan Kertawaluya sebanyak 169.754 orang warga.

Menurut Dani, dari 169.754 orang warga tersebut terdiri dari 98.500 orang yang ditanggung oleh APBN melalui program JKN dan 71.254 orang warga ditanggung oleh APBD Kab Pangandaran melalui program Kerta Waluya.

"Jumlah tersebut sudah dikurangi dengan adanya penonkatifan peserta, contoh seperti peserta yang sudah meninggal dunia atau pindah dari Kab Pangandaran," ujarnya kepada wartawan Kabar Priangan, Agus Kusnadi.***

Bagikan: