Pikiran Rakyat
USD Jual 14.044,00 Beli 14.142,00 | Sebagian berawan, 20.8 ° C

Viral, Presiden BJ Habibie Wafat, Pesawat Kertas Beterbangan

Tim Pikiran Rakyat
FOTO viral pelajar dan guru MIN 1 Banjar yang menerbangkan puluhan pesawat terbang yang terbuat dari kertas di sekitar sekolah MIN 1 Banjar, Pangadegan, Kelurahan Hegarsari, Kec Pataruman, Kota Banjar, Kamis 12 September 2019.*/DEDE IWAN/KABAR PRIANGAN
FOTO viral pelajar dan guru MIN 1 Banjar yang menerbangkan puluhan pesawat terbang yang terbuat dari kertas di sekitar sekolah MIN 1 Banjar, Pangadegan, Kelurahan Hegarsari, Kec Pataruman, Kota Banjar, Kamis 12 September 2019.*/DEDE IWAN/KABAR PRIANGAN

BANJAR,(PR).- Presiden RI ke-3 BJ Habibie wafat. Indonesia berduka. Dipasang bendera merah putih setengah tiang tanda berduka cita. Masyarakat yang berdoa menyebar dan masif. Termasuk, pelajar MIN 1 Banjar.

Pelajar dan guru MIN 1 Banjar ini menujukan keunikan sampai viral di media sosial (medsos). Karena, selain pasang bendera setengah tiang dan mendoakan almarhum, mereka menerbangkan puluhan pesawat yang terbuat dari kertas.

Menurut Kepala MIN 1 Kota Banjar, H. Asep Nursobah, M.Pd.I., Kamis 12 September 2019, awalnya para siswa heran dengan pengibaran bendera setengah tiang. 

"Oleh kami, guru-guru diterangkan makna di balik pengibaran bendera setengah  itu. Bahwa, saat ini Presiden RI, BJHabibie yang terkenal sebagai Bapak Dirgantara wafat," kata H Asep Nursobah. 

Berlatar ingat pesawat itu, dikatakan dia, para siswa dan guru berinisiatif membuat pesawat terbang dari kertas. Kemudian, bersama-sama diterbangkan di sekitar sekolah MIN 1 Banjar.

"Kami membuat puluhan pesawat terbang kertas yang diterbangkan di halaman sekolah," ujarnya kepada wartawan Kabar Priangan, Dede Iwan.

Sosok BJ Habibie almarhum itu sebagai panutan yang harus diteladani. Karya-karyanya di bidang teknologi berhasil mengharumkan Negara Indonesia di dunia internasional.

"Penerbangan pesawat kertas ini merupakan simbol atas karya Bapak BJ Habibie yang perlu diketahui generasi penerus bangsa. Ini sebagai inspirasi dan motivasi untuk masa depan bangsa ini," ujarnya.

Selain itu, dikatakan dia, piahknya menjelaskan kepada para siswa terkait perjuangan-perjuangan Bapak BJ Habibie ini, khususnya bagi umat Islam di Indonesia. Karena, Bapak Bj Habibie ini terkenal menjadi Pendiri Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI).

"Pembelajaran inilah yang disampaikan kepada siswa-siswi kami di Madarasah. Diharapkan siswa siswi madrasah lebih termotivasi untuk terus belajar, berkarya dan berjuang untuk agama, nusa dan bangsa," ucapnya.

Lebih lanjut dia berharap simbol-simbol kejeniusan almarhum tertanam selalu dibenak siswa. Bagaimana memberikan penghargaan kepada pejuang negara yang berjasa terhadap bangsa Indonesia ini. "Pasti mau sukses seperti Eyang Bj Habibie," ujar para pelajar MIN 1 Banjar, kompak.***

Bagikan: