Pikiran Rakyat
USD Jual 14.037,00 Beli 14.135,00 | Umumnya cerah, 27.3 ° C

DPRD Kota Cirebon Minta Tambahan Fasilitas CCTV

Ani Nunung Aryani
ILUSTRASI pemasangan CCTV.*/DOK. PR
ILUSTRASI pemasangan CCTV.*/DOK. PR

CIREBON, (PR).- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cirebon meminta Pemkot Cirebon menambah fasilitas pemasangan CCTV di sejumlah titik, baik di lokasi keramaian maupun rawan.

Penambahan CCTV harus dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menjamin keamanan Kota Cirebon, yang belakangan ini dinilai semakin rawan kejahatan.

Kejadian kriminalitas terakhir yang sampai merenggut nyawa yakni kasus pembunuhan yang menimpa santri Husnul Khotimah Jumat pekan lalu. Padahal tempat kejadian perkara di lokasi yang ramai.

Menurut Ketua Sementara DPRD Kota Cirebon, Ruri Tri Lesmana, perlu adanya peningkatan fasilitas keamanan berupa CCTV di beberapa titik. Namun, kata Ruri, peran masyarakat juga sangat membantu mengoptimalkan keamanan.

“Untuk masyarakat, segera laporkan kepada pihak yang berwenang jika ada kejadian atau hal-hal yang mencurigakan atau mengarah ke tindakan kriminal,” ujar Ruri saat menerima massa yang mengatasnamakan Solidaritas Santri Pesantren dan Mahasiswa “Peduli Kota Cirebon Aman” di gedung DPRD Kota Cirebon Rabu 11 September 2019. 

Ruri mengapresiasi santri dan mahasiswa yang sigap menyikapi peristiwa ini. Ruri menilai, audiensi dengan santri dan mahasiswa sebagai masukan yang baik bagi lembaga terkait untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat di Kota Cirebon.

“Tidak hanya peningkatan keamanan dan ketertiban, tapi yang penting adalah pemahaman keagamaan yang harus dikuatkan mulai dari keluarga, sampai tingkatan RT maupun RW,” pesannya. 

Ilustrasi.*/CANVA

Patroli

Pada kesempatan audiensi tersebut korlap aksi damai, Achmad Chaerudin menyampaikan sejumlah tuntutan.

Di antaranya, permintaan kepada aparat agar bisa menjamin  Kota Cirebon sebagai kota wali yang aman dan bersih dari premanisme. Mereka juga menuntut pelaku premanisme/ kelompok/komunitas pelaku yang mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat Cirebon, untuk diadili dan dihukum seberat-beratnya 

“Patroli atau jaga ditingkatkan khususnya di tempat keramaian atau lokasi rawan kriminalitas,” ujarnya.

Sebelumnya Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis berjanji, Pemkot Cirebon akan menambah pemasangan CCTV di pusat-pusat keramaian dan penerangan jalan yang rusak akan diperbaiki. 

Permintaan penambahan pemasangan CCTV juga akan disampaikan kepada instansi swasta.

“Penyediaan CCTV juga tidak hanya dilakukan oleh Pemda Kota Cirebon, namun juga dengan pihak swasta,” imbuhnya.

Azis juga meminta peran aktif masyarakat dalam menguatkan sinergi keamanan dan ketertiban di wilayah Kota Cirebon.

"Kalau penanganan keamanan dilakukan bersama-sama, kami yakin keamanan bisa terjaga dengan baik," ujarnya.

Azis juga memastikan kota udang masih sangat aman untuk dikunjungi. “Kota Udang masih sangat aman untuk dikunjungi wisatawan,” katanya.***

Bagikan: