Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Umumnya berawan, 20.5 ° C

Belum Lama Dilantik, Anggota DPRD Ciamis Ramai-ramai Gadaikan SK

Nurhandoko
Seolah tidak peduli dengan kewajiban hadir dalam rapat mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Jokowi, Jumat 16 Agustus 2019, beberapa wakil rakyat keluar dari ruang sidang utama DPRD Ciamis, atau di dalam pun asyik dengan telefon selularnya.*/ NURHANDOKO/PR
Seolah tidak peduli dengan kewajiban hadir dalam rapat mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Jokowi, Jumat 16 Agustus 2019, beberapa wakil rakyat keluar dari ruang sidang utama DPRD Ciamis, atau di dalam pun asyik dengan telefon selularnya.*/ NURHANDOKO/PR

CIAMIS,(PR).- Belum lama dilantik, anggota DPRD Ciamis ramai-ramai gadaikan surat keputusan (SK) untuk mengajukan pinjaman kredit di bank. Sedikitnya 30 persen wakil rakyat diketahui sudah menjaminkan SK tersebut.

"Itu kan masing-masing, ranah hak perdata mereka, dan secara hukum juga tidak ada larangan. Kalau saya sendiri tidak," kata Ketua DPRD Ciamis sementara, Nanang Permana, Selasa, 10 September 2019.

Dia memperkirakan, dari 50 anggota dewan, sebanyak 30-40 persen menggadaiikan SK untuk pengajuan kredit perbankan. Nanang yang merupakan petahana Ketua DPRD sebelumnya, menilai pengajuan pinjaman merupakan hal yang wajar, karena kebutuhannya juga banyak. Salah satunya, tingginya kebutuhan ketika kampanye.

"Daripada mencuri uang negara, ya lebih baik mengajukan pinjaman ke bank, dibayar dengan gaji sendiri. Mengajukan pinjaman mungkin untuk melunasi janji kampanye," tuturnya.

Asuransi

Nanang mengungkapkan, saat ini wakil rakyat DPRD Ciamis juga dijamin asuransi. Sehingga ketika ada persoalan atau sesuatu yang berkenaan dengan pinjaman, dapat diatasi dengan asuransi.

"Sekarang ada asuransi, kalau yang bersangkutan mengalami kendala, sudah dijamin oleh asuransi. Biasanya angsuran pinaman maksimal 48 kali. Sekali lagi itu ranah sendiri-sendiri," kata Nanang.

Lebih lanjut, dia mengaku tidak pernah atau tidak akan menggadaikan SK miliknya. Alasannya, ketika kampanye ia tidak mengeluarkan banyak biaya.

"Saya kampanye sepanjang tahun (saat Ketua DPRD Ciamis periode 2014 -2019). Masing-masing punya cara," tuturnya.

Pimpinan definitif

Berkenaan dengan pimpinan dewan definitif, Ketua DPRD Ciamis sementara Nanang Permana mengungkapkan, sejak pelantikan sampai saat ini belum dilaksanakan pelantikan pimpinan definitif. Dia juga mengatakan banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, yang memerlukan pimpinan definitif.

"Setidaknya, tiga agenda penting yang harus diiselesaikan. Membahas KUA PPAS perubahan, belum lagi RAPBD 2020, APBD murni 2020. Tidak bisa ditangani pimpinan sementara, harus definitif," kata Nanang.

Terpisah, Sekretaris DPRD Ciamis Uga Yugaswara ketika ditemui menolak memberikan pernyataan. Dia beralasan, perihal pinjaman anggota dewan sudah diserahkan kepada Ketua DPRD Ciamis sementara, Nanang Permana.

"Silakan langsung ke Pak Ketua (Nanang Permana) saja. Semuanya sudah saya serahkan ketua," tutur Uga.***

Bagikan: