Pikiran Rakyat
USD Jual 14.027,00 Beli 14.125,00 | Cerah berawan, 28.6 ° C

Rumah Sejarah, Saksi Bisu Belanda Menyerah pada Jepang

Tim Pikiran Rakyat
BUPATI Subang H. Ruhimat saat menerima cinderamata dari Danlanud Suryadarma, Marsma TNI I Wayan Sulaba.*/DALLY KARDILAN/GALEMDIA
BUPATI Subang H. Ruhimat saat menerima cinderamata dari Danlanud Suryadarma, Marsma TNI I Wayan Sulaba.*/DALLY KARDILAN/GALEMDIA

SUBANG, (PR).- Tekad pemerintah Kabupaten Subang melestarikan peninggalan bersejarah sebagai cagar budaya terus direalisasikan. Salah satunya di kawasan pangkalan udara (lanud) Suryadarma. 

Secara resmi Bupati Subang, H. Ruhimat bersama Danlanud Suryadarma, Marsma TNI I Wayan Sulaba guna pelaksanaannya melakukan penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama untuk pelestarian kawasan cagar budaya, Rumah Sejarah Kalijati, Senin 9 September 2019.

Danlanud Suryadarma Marsma TNI I Wayan Sulaba mengatakan nota kesepakatan ini memerupakan langkah progresif untuk melangkah ke tahapan selanjutnya."Nantinya rumah sejarah di sana direnovasi, bukan dibongkar bangunannya secara fisik, namun tidak mengubah bentuk bangunan sesuai aslinya," kata Danlanud. 

Pengembangan dari Rumah Sejarah adalah dengan melengkapi atau membuat modern fasilitas yang ada di rumah sejarah. Sehingga originalitas masih terus tetap dijaga keasliannya. Nantinya Rumah Sejarah menjadi sangat nyaman untuk dikunjungi, termasuk ke depannya dalam penjelasan bisa menggunakan sarana audio visual yang menjelaskan bagian-bagian dari Rumah Sejarah. 

Bupati Subang H. Ruhimat membenarkan kalau pelestarian kawasan cagar Budaya, Rumah Sejarah Kalijati sudah menjadi tekadnya sejak berkunjung ke sana. 

“Rumah Sejarah merupakan saksi bisu penyerahan tanpa syarat Belanda kepada Jepang. Oleh karena itu Dalam mewujudkan Jawara Wisata, Pemkab Subang berkewajiban mengelola secara tepat. Melalui upaya perlindungan dan pemanfaatan Rumah Sejarah Kalijati, saya berharap sinergitas antara TNI AU dalam hal ini Lanud Suryadarma dengan Pemda Subang dalam rangka pemanfaatan Rumah Sejarah Kalijati,” jelasnya kepada wartawan Galamedia Dally Kardilan. 

Penandatanganan di ruang rapat Bupati ini dihadiri Danwing 8 Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Taufik Arasj, Wakil Bupati Subang, Agus Masykur, para Kepala Dinas di Jajaran Lanud Suryadarma, Kapen Lanud Suryadarma Letkol Sus Gerardus Maliti, serta tim aset Lanud Suryadarma, pejabat dijajaran Pemda Kabupaten Subang.***
 

Bagikan: