Pikiran Rakyat
USD Jual 14.089,00 Beli 14.187,00 | Cerah berawan, 21 ° C

Bupati Sumedang Gagas “Tour de Jatigede”

Adang Jukardi
PERAIRAN Waduk Jatigede dilihat dari Kampung Buricak Burinong di Dusun Cisema, Desa Pakualam, Kecamatan Darmaraja beberapa waktu lalu, tampak begitu indah dan mempesona. Keindahan parorama alam perairan Bendungan Jatigede ini, sedang diupayakan Pemkab Sumedang  untuk dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Jatigede.*/ADANG JUKARDI/PR
PERAIRAN Waduk Jatigede dilihat dari Kampung Buricak Burinong di Dusun Cisema, Desa Pakualam, Kecamatan Darmaraja beberapa waktu lalu, tampak begitu indah dan mempesona. Keindahan parorama alam perairan Bendungan Jatigede ini, sedang diupayakan Pemkab Sumedang untuk dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Jatigede.*/ADANG JUKARDI/PR

SUMEDANG, (PR).- Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menggagas penyelenggaraan event internasional balap sepeda “Tour de Jatigede”.  Gagasan itu muncul terkait pembangunan beberapa ruas jalan lingkar di daerah Waduk Jatigede oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Bahkan bentuk jalur jalannya melingkar mengelilingi Waduk Jatigede dengan keindahan  panorama alamnya yang natural.

Setelah Kementerian PUPR menuntaskan jalan lingkar barat dari Puskesmas Darmaraja sampai ke Wado sebagai pengganti jalan nasional yang terendam Waduk Jatigede, kini Kementerian PUPR pun tengah mengerjakan pembangunan jalan lingkar timur Jatigede  sepanjang 17,5 km. 

Hingga kini, progres  pengerjaannya tinggal tersisa 4 km lagi yang nantinya tersambung ke wilayah  Jatinunggal dan Wado.  Supaya jalan lingkar barat dan timur  bisa mengelilingi Waduk Jatigede, akan disambungkan dengan jalan lingkar utara Jatigede yang akan dibangun Pemkab Sumedang. Hal itu sehubungan status jalannya,  jalan kabupaten.

“Tahun depan,  kami pun akan membangun  jalan dari Pasiringkik-Darmaraja- Pajagan- Cijeungjing di lingkar utara Jatigede. Doakan saja mudah-mudahan terwujud dan  tidak ada  perubahan. Dengan pembangunan jalan lingkar barat, timur dan utara Jatigede ini, nantinya seluruh bendungan akan dikelilingi jalan lingkar,” kata Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir dalam siaran pers Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Sumedang di Sumedang, Minggu 8 September 2019.

Menurut dia, keberadaan jalan lingkar yang mengelilingi Bendungan Jatigede,  nantinya bisa digunakan untuk sarana olah raga bersepeda. Bahkan tak mustahil, jika dimanfaatkan  gelaran balap sepeda  kelas internasional “Tour de Jatigede”.  Penyelenggaraannya diyakini  mampu mengangkat ikon Bendungan Jatigede di kancah  dunia. 

“Saya menggagas bisa diselenggarakan event balap sepeda ‘Tour de Jatigede’ dengan mengelilingi Bendungan Jatigede. Apalagi melihat jalurnya,  sangat bagus, naik- turun. Di sepanjang jalan,  mata kita dimanjakan dengan keindahan panorama alam Jatigede,” tutur Dony.

Dikatakan, dari hasil road show bersama DPRD Kabupaten Sumedang beberapa hari lalu, pengerjaan jalan lingkar timur oleh Kementerian PUPR dari wilayah Kec. Tomo hingga Wado sepanjang 17,5 km,  progresnya sudah sampai wilayah Ciranggem, Kec. Jatigede. “Untuk menyambungkan dengan wilayah Jatinunggal dan Wado, tinggal membangun jalan sisanya,  4 km lagi. Dalam perencanaannya,  akhir tahun ini tersambung sampai Jatinunggal dan Wado,” ucapnya.***

 

 

 

Bagikan: