Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Langit umumnya cerah, 26.2 ° C

Anjing Misterius Meresahkan Warga, Hewan Ternak Banyak yang Mati

Tim Pikiran Rakyat
BEBERAPA ekor kambing mati, dengan ciri ada bekas gigitan di leher.*/MUSLIH JERRY/KABAR PRIANGAN
BEBERAPA ekor kambing mati, dengan ciri ada bekas gigitan di leher.*/MUSLIH JERRY/KABAR PRIANGAN

PANGANDARAN, (PR).- Warga di Dusun Sukamanah Desa Harumandala Kecamatan Cigugur kembali digegerkan dengan isu anjing misterius. Seiring dengan itu, beberapa ternak kambing milik warga mengalami kematian yang agak aneh.

Dalam seminggu ke belakang sudah belasan kambing mati mendadak. Terakhir ada 9 ekor kambing yang mati dengan tanda ada bekas gigitan.

Warga setempat Aep (50) mengatakan, dirinya dikagetkan oleh kambing piaraan warga sebanyak 9 ekor sudah tergeletak di luar kandang. Di antaranya 5 ekor mati 4 ekor dalam keadaan sekarat dan sempat disembelih karena belum mati. Ke-9 ekor kambing ini diketahui tergeletak sekitar pukul 05.00 Wib saat akan diberi pakan.

"Saya kaget saat akan memberi pakan, 5 ekor mati dan 4 ekor masih sekarat dan sempat disembelih," ungkapnya, Senin 9 September.

Menurutnya sekitar pukul 04.00 Wib dirinya sempat melihat ada anjing di kandang dan kematian kambing diduga oleh anjing tersebut. Saking penasarannya bersama beberapa warga sempat mengejar anjing, tetapi sia-sia karena tidak tertangkap dan menghilang di tempat gelap.

"Warga juga sempat mengejarnya tapi larinya kencang," tuturnya kepada wartawan Kabar Priangan, Muslih Jerry.

Gigitan di leher

Selanjutnya seminggu kebelakang di hari yang sama pernah juga kejadian di tetangga kampung tepatnya Dusun Jelat Desa Harummandala kambing milik warga sebanyak 5 ekor juga mati digigit anjing.

"Minggu kemarin kambing milik warga di Dusun Jelat juga sama digigit anjing persis di lehernya," lanjut Aep.

Rata-rata dari semua kambing yang mati ditemukan ada bekas gigitan anjing di lehernya. Warga sempat mengetahui ada anjing misterius, namun saat dikejar larinya cukup kencang masuk ke hutan.

"Anjing itu dikejar sampai pukul 07.00 Wib dan masuk hutan," katanya.

Sementara itu Enjang (27) menambahkan setelah tahu ramai-ramai warga sedang mengejar anjing langsung bergabung ikut mencarinya tapi tidak ketemu. Anehnya anjing misterius itu memangsa kambing tetapi tidak dimakan.

"Kambing itu mati karena digigit pada bagian leher. Cuma begitu saja, kambing-kambing itu tidak langsung dimakan," ucapnya.***

Bagikan: