Pikiran Rakyat
USD Jual 14.044,00 Beli 14.142,00 | Sedikit awan, 21.2 ° C

Salah Paham, Nelayan Pangandaran dan Nelayan Cilacap Bersitegang

Tim Pikiran Rakyat
FOTO ilustrasi, nelayan hendak melaut.*/DOK. KABAR BANTEN
FOTO ilustrasi, nelayan hendak melaut.*/DOK. KABAR BANTEN

PANGANDARAN,(PR).- Berawal dari kesalahpahaman antara nelayan di Kabupaten Pangandaran Jawa Barat dengan nelayan di Kabupaten Cilacap Jawa Tengah membuat nelayan dari dua wilayah sempat memanas. 

Polemik antar nelayan tersebut dibenarkan oleh Wakil Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Pangandaran, Mohammad Yusuf. Bahkan saat ini dirinya sudah melakukan mediasi dengan HNSI Kab. Cilacap Jawa Tengah untuk memediasi upaya perdamaian antara dua kubu tersebut.

"Kami sudah berkoordinasi dengan HNSI Cilacap untuk melakukan upaya mendamaikan nelayan dari Pangandaran dengan nelayan Cilacap, khawatir polemik ini bakal membesar," kata Yusuf melalui telepon, Kamis, 5 September 2019.

Yusuf menjelaskan kronologis kejadian, sebenarnya, kata dia, pertikaian antar nelayan ini sudah terjadi sejak hampir dua pekan kebelakang. Berawal dari nelayan di daerah Klaces Cilacap menduga bahwa nelayan asal Pangandaran telah memotong jaring miliknya saat melaut di daerah perairan pulau Nusa Kambangan Cilacap, sehingga nelayan asal Cilacap tidak memperbolehkan lagi nelayan asal dari Pangandaran melaut di perairan Nusa Kambangan.

"Setelah melakukan upaya mendamaikan secara persuasif yang dibantu oleh HNSI Cilacap, namun hingga saat ini pertikaian belum juga selesai," ujarnya. 

Yusuf berharap, pemerintah provinsi dalam hal ini Dinas Kelautan bersama Dinas Kelautan Kab. Pangandaran untuk segera menyelesaikan permasalahan ini.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak provinsi dan akan diselesaikan pertikaian ini secepatnya. Dinas Kelautan Kab Pangandaran pun sudah melakukan upaya dengan berkoordinasi dengan beberapa pihak di Kab Cilacap termasuk dengan pengurus HNSI nya," ucapnya kepada wartawan Kabar Priangan, Agus Kusnadi. 

Kepala Dinas Kelautan, Perikanan Dan Ketahanan Pangan Kab Pangandaran Rida Nirwana membenarkan adanya perselisihan antar nelayan asal Pangandaran dengan nelayan asal Klaces Cilacap. Bahkan, ketegangan sempat terjadi tiga kali sejak awal kejadian hingga sekarang.

"Karena ini merupakan kewenangan pemerintah provinsi maka kami berkoordinasi dengan pihak provinsi termasuk berkoordinasi dengan Dinas Kelautan Kab Cilacap untuk mengagendakan upaya preventif menyelesaikan permasalahan antar nelayan," ujar Rida, seraya dirinya menambahkan, upaya pertemuan direncanakan akan dilakukan pekan depan dengan melibatkan pihak TNI Angkatan Laut dan Polisi Perairan serta intansi terkait dari Kab Pangandaran dan Kab Cilacap.***

Bagikan: