Pikiran Rakyat
USD Jual 14.116,00 Beli 14.214,00 | Cerah berawan, 20 ° C

Desa Jembarwangi Dulu Jadi Wilayah Hewan Purba

Tim Pikiran Rakyat
FOTO fosil tulang hewan purba hasil temuan di Situs Cariang Desa Jembarwangi Kec. Tomo. Foto itu merupakan dokumen Pemerintah Desa Jembarwangi.*/ISTIMEWA
FOTO fosil tulang hewan purba hasil temuan di Situs Cariang Desa Jembarwangi Kec. Tomo. Foto itu merupakan dokumen Pemerintah Desa Jembarwangi.*/ISTIMEWA

SUMEDANG,(PR).- Tim Peneliti dari Badan Arkeologi Jawa Barat, baru-baru ini berhasil menemukan sejumlah fosil hewan purba dan sejenis perkakas batu yang biasa digunakan oleh manusia pra sejarah, di wilayah Desa Jembarwangi Kecamatan Tomo. Atas penemuan itu, diperkirakan dulu sejumlah hewan purba mendiami wilayah Desa Jembarwangi.

Menurut informasi, sejumlah fosil hasil temuan tersebut, kini sudah dibawa ke Australia untuk diuji dan dijadikan sebagai bahan desertasi oleh pihak peneliti.

Informasi adanya temuan fosil tulang hewan purba ini dibenarkan Kepala Seksi Kepurbakalaan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumedang, Cece Saifuddin.

Menurut Cece, beberapa waktu lalu Balai Arkeologi Jawa Barat memang sempat melakukan penelitian arkeologi dan paleontologi di Situs Cariang Desa Jembarwangi.

Penelitian atau kajian geologi itu, konon difokuskan terhadap batuan-batuan sedimen dan endapan sungai yang mengandung fosil vetebrata kaitannya dengan migrasi awal di daerah Jawa Barat.

Menurut informasi, peneliti yang melakukan penggalian di Situs Cariang itu bernama Antos Ferdianto, S.Hum, M.Sc, dengan disertai 3 orang anggota dari Balai Arkeologi Jabar, dan 2 orang anggota Badan Geologi.

Gading dan perkakas

Dari hasil penelitian itu, lanjut Cece, Tim Peneliti kabarnya berhasil menemukan sejumlah fosil hewan purba jenis gading gajah dan sebuah perkakas dari bahan batu.

"Kabarnya, fosil itu diperkirakan berusia sekitar 500 tahun sebelum pra sejarah. Dan sekarang fosil-fosil itu sudah dibawa peneliti ke Australia. Nanti setelah selesai diuji akan diserahkan lagi ke Sumedang," kata Cece, Rabu 4 September 2019.

Dijelaskan Cece, informasi soal hasil penemuan ini, secara resmi telah diekspos juga oleh Tim Peneliti dalam sebuah acara seminar. Bahkan dia sendiri, saat itu menghadiri langsung kegiatan seminar tersebut.

Sekretaris Desa Jembarwangi Eman Suherman, membenarkan soal adanya penemuan fosil pra sejarah di wilayahnya. Sebab menurut dia, saat Tim Peneliti melakukan penggalian di Blok Gegermaja, pihak desa juga ikut memfasilitasi proses perijinannya, dan sempat melihat pula proses penggaliannya.

"Dalam proses penggalian di Blok Gegermaja itu, Tim Peneliti berhasil menemukan fosil tulang betis stegodon gajah purba. Soal perkakas batu, saya memang sempat melihatnya, cuma kurang tahu pasti di lokasi mana ditemukannya, soalnya titik penggaliannya kan banyak," kata Eman, kepada wartawan Kabar Priangan, Taufik Rochman.

Ditambahkan Eman, pihaknya sejauh ini tidak dapat menjelaskan secara rinci proses penggalian yang dilakukan oleh Tim Peneliti itu. Sebab dia sendiri tidak mengikuti proses penggalian itu secara terua menerus.***

Bagikan: