Pikiran Rakyat
USD Jual 14.031,00 Beli 14.129,00 | Sebagian berawan, 21.6 ° C

ASN agar Membiasakan Diri dengan Produk Lokal

Tim Pikiran Rakyat
FOTO ilustrasi produk lokal yang harus mendapat dukungan.*/ANTARA
FOTO ilustrasi produk lokal yang harus mendapat dukungan.*/ANTARA

SUMEDANG,(PR).- Semua Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemkab Sumedang, kini disarankan agar membiasakan diri untuk menggunakan produk lokal Sumedang. 

"Mulai sekarang seluruh ASN harus menggunakan produk lokal Sumedang untuk aktivitas sehari-harinya," kata Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, saat melakukan obrolan santai dengan para pejabat Pemkab, di Kawasan Tahura Gunung Kunci, Senin 2 September 2019.

Sebab, menurut Dony, produk-produk lokal hasil Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masyarakat Sumedang juga, kualitasnya tidak kalah bagus dengan produk dari luar.

Dalam obrolannya tersebut, Bupati mengingatkan kepada seluruh ASN, bahwa Pemkab memiliki kewajiban untuk membantu mempromosikan semua produk hasil masyarakat. 

Untuk itu, guna membantu mempromosikan produk UMKM tersebut, maka seluruh ASN harus ikut serta memberikan contoh kepada masyarakat dengan cara membiasakan diri untuk menggunakan produk lokal Sumedang. 

Apabila seluruh ASN di lingkungan Pemkab telah menggunakan produk lokal, maka seluruh masyarakat Sumedang juga bakal mengikuti dengan sendirinya.

"Dengan seperti itu, berarti kita telah membantu mempromosikan produk-produk lokal. Jangan pernah malu untuk menggunakan produk lokal, sebab bagaimanapun juga produk lokal ini merupakan bagian dari identitas kita," katanya.

Dijelaskan Bupati, sekarang sudah banyak produk hasil UMKM warga Sumedang, mulai dari pakaian batik kasumedangan, sepatu, kaos kaki, serta produk-produk unggulan lainnya.

Terlebih setelah adanya Program "one village one product", di Sumedang sendiri sekarang telah banyak bermunculan produk-produk baru yang dihasilkan oleh masyarakat lokal, seperti kampung almunium di Daramaraja, kampung kaos kaki di Ganeas, kampung sepatu di Situraja, serta perkampungan lainnya dengan jenis produk yang berbeda.

Semua produk itu, lanjut Dony, tentu bisa dipergunakan oleh seluruh ASN, termasuk untuk kebutuhan aktivitas kedinasan sehari-hari.

"Kalau ada buatan Sumedang, kenapa kita mesti pakai produk lain. Saya sendiri setiap hari suka menggunakan sepatu buatan Situraja," ujarnya kepada wartawan Kabar Priangan, Taufik Rochman.***

Bagikan: