Pikiran Rakyat
USD Jual 14.031,00 Beli 14.129,00 | Sebagian berawan, 21.6 ° C

Baru Lulus SMA, Pasangan Kekasih Nekat Buang Bayi Hasil Hubungan Gelap

Ani Nunung Aryani
null
null

CIREBON, (PR).- Hanya dalam waktu sehari, unit Reskrim Polsek Mundu Polres Cirebon Kota, berhasil mengungkap kasus pembuangan bayi dan menangkap pelakunya. 

Pelaku pembuang bayi mungil berjenis kelamin perempuan itu adalah kedua orangtuanya, yang masih remaja. Pasangan remaja NR (19) dan pacarnya Dav (19), membuang bayi hasil hubungan terlarang, karena malu.

Pasangan yang telah menjalin asmara sejak SMP itu, sengaja membuang bayinya di dekat rumah kakak NR, dengan harapan, kakaknya bakal merawat bayinya.

Bayi lucu berjenis kelamin perempuan ditemukan warga di tumpukan batu bata di Perumahan Taman Banjarwangunan Desa Banjarwangunan Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon, Selasa 27 Agustus 2019.

Bayi sehat yang diperkirakan sudah berusia tiga hari, dengan berat 2,3 kg dan panjang 49 cm, ditemukan oleh Wahyu (36) yang rumahnya persis di sebelah tumpukan batu bata.

Saat ditemukan bayi tersebut dalam keadaan terbungkus selimut merah dan dalam keadaan dibedong. Di sebelah bayi ditemukan botol susu yang berisi air susu.

Menurut Kasubag Humas Polres Cirebon Kota Inspektur Satu Momon Sukarman, pengungkapan kasus pembuangan bayi bermula dari upaya unit Reskrim Polsek Mundu yang melakukan pengecekan dan penelusuran.

"Begitu mendapat informasi langsung dilakukan pengecekan kebenaran info tersebut. Selanjutnya unit Reskrim Polsek Mundu mencari informasi dan berkoordinasi dengan bidan dari Puskesmas Mundu dan Pamengkang," katanya.

Dari koordinasi itu akhirnya informasinya mengarah kepada salah seorang bidan di kawasan Perumnas.

Setelah diperlihatkan foto bayi, kain flanel warna kuning, selimut bayi warna merah serta plastik pengikat tali pusar, saksi membenarkan bahwa bayi tersebut lahir di tempat praktiknya.

Dari bidan tersebut, diperoleh informasi nama dan alamat pasien yang melahirkan pada Minggu (25/8/2019) sekitar pukul 15.44.

"Perempuan yang melahirkan di tempat praktik bidan itu melampirkan fotokopi KTP, kartu BPJS, dan KK," katanya.

Pelaku NR tercatat tinggal d Kelurahan Sukapura Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon. Sedangkan Dav, tercatat sebagai warga Kelurahan Babakan Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon. Keduanya baru lulus SMA.

Unit Reskrim Polsek Mundu langsung meluncur untuk menyelidiki alamat sesuai KTP tersebut, dan berhasil mengamankan pelakunya, termasuk ayah sang bayi.

"Kasusnya dilimpahkan ke unit PPA Satreskrim Polres Cirebon Kota guna proses lebih lanjut," katanya.***

Bagikan: