Pikiran Rakyat
USD Jual 14.116,00 Beli 14.214,00 | Cerah berawan, 20 ° C

Pangandaran Rawan Imigran Gelap dan Narkoba

Tim Pikiran Rakyat
BUPATI Pangandaran Jeje Wiradinata serta Dandim 0613 Ciamis Letkol Arm. Tri Arto Subagio saat menandatangani berita acara dan dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat tanah untuk pendirian Makodim di Pangandaran.*/AGUS KUSNADI/KABAR PRIANGAN
BUPATI Pangandaran Jeje Wiradinata serta Dandim 0613 Ciamis Letkol Arm. Tri Arto Subagio saat menandatangani berita acara dan dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat tanah untuk pendirian Makodim di Pangandaran.*/AGUS KUSNADI/KABAR PRIANGAN

PARIGI,(PR).- Bupati Kabupaten Pangandaran Jeje Wiradinata menyerahkan sebidang tanah kepada Komandan Kodim 0613 Ciamis Letnan Kolonel Arm. Tri Arto Subagio di ruang kerja Bupati Kabupaten Pangandaran di Parigi.

Penyerahan sebidang tanah seluas 18.744 meter persegi yang berlokasi di Desa Cintakarya Kecamatan Parigi itu juga disaksikan oleh Asisten I Setda Kab Pangandaran Tatang Mulyana, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Hendar Suhendar, Kabag Pemerintahan Saptari serta Pasilog Kodim 0613 Ciamis Kapten Arh. Agus Purnowo dan Komandan Koramil 1321/Parigi Kapten Arh. Usep Komarudin itu rencananya akan dibangun Markas Komando Distrik Militer (Makodim) di Kab Pangandaran.

Dalam kesempatan itu, Bupati Pangandaran menyampaikan, bahwa Pangandaran memiliki berbagai dinamika sehingga harus dikawal oleh semua pihak, karena Pangandaran merupakan daerah pariwisata sehingga membutuhkan keamanan dan kenyamanan.

"Apalagi Pangandaran memiliki 93 kilometer garis pantai yang harus kita jaga dari potensi imigran gelap dan peredaran narkoba serta kerawanan-kerawanan lainnya yang bisa mengancam Pangandaran," ujarnya. 

Sehingga menurut Jeje, dengan perkembangan Pangandaran saat ini sudah dipandang perlu untuk dibangunnya Kodim di Pangandaran. Yang sdbelumnya Pemerintah Kab Pangandaran juga sudah menyerahkan sebidang tanah seluas 5 hektar untuk pendirian gedung Polres Pangandaran yang berlokasi di lahan eks PT Startrus tepatnya di samping lapangan Desa Wonoharjo.

Hari sejarah

Sementara Komandan Kodim 0613 Ciamis Letkol Arm Tri Arto Subagio mengatakan, bahwa pada hari ini merupakan yang hari bersejarah, karena menurut dia, penandatanganan berita acara sekaligus oenuerahan sebidang tanah ini menjadi momentum awal berdirinya Makodim di Pangandaran.

"Setelah penyerahan hibah tanah ini nanti akan kami sampaikan ke bapak Pangdam III Siliwangi dan saya berharap tidak ada permasalahan atas tanah tersebut kedepannya," ucap Tri Arto.

Tri juga menyampaikan, bahwa amanah dari Pangdam III Siliwangi, kenapa perlu berdirinya Makodim di Pangandaran, karena kata dia, Pangandaran akan menjadi pariwisata internasional.

"Karena bagaimana pun orang asing yang datang ke Pangandaran itu harus diawasi," ujarnya, seraya dirinya mengatakan hingga saat ini pihaknya belum menemukan kerawanan-kerawanan yang berarti.

"Namun kita tetap melaksanakan tugas untuk mengantisipasi timbulnya kerawanan-kerawanan tersebut, apalagi Pangandaran merupakan daerah pariwisata sehingga kita perlu mendukung pemerintah," ujar Tri kepada wartawan Kabar Priangan, Agus Kusnadi.***

Bagikan: