Pikiran Rakyat
USD Jual 14.116,00 Beli 14.214,00 | Badai petir, 28.7 ° C

Golkar Calonkan Ahmad Sanusi Pimpin DPRD Purwakarta

Hilmi Abdul Halim
SEKRETARIS DPD Partai Golkar Purwakarta Ahmad Habibie Bungsu Maula Akbar menunjukkan map berisi surat keputusan DPP Partai Golkar.*/HILMI ABDUL HALIM/PR
SEKRETARIS DPD Partai Golkar Purwakarta Ahmad Habibie Bungsu Maula Akbar menunjukkan map berisi surat keputusan DPP Partai Golkar.*/HILMI ABDUL HALIM/PR

PURWAKARTA, (PR).- Partai Golongan Karya (Golkar) Kabupaten Purwakarta mencalonkan Ahmad Sanusi sebagai Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah setempat periode 2019-2024. Penetapannya berdasarkan hasil keputusan Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar.

Keputusan tersebut tertuang dalam surat keputusan benomor: R-800/GOLKAR/VIII/2019. "Surat penetapannya ditandatangi oleh DPP pada tanggal 20 Agustus 2019 lalu," kata Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten Purwakarta, Ahmad Habibie Bungsu Maula Akbar, Senin 2 Agustus 2019.

Maula mengatakan keputusan tersebut menindaklanjuti surat DPRD Kabupaten Purwakarta bernomor 172.2/778/DPRD pada 8 Agustus 2019. Surat tersebut tentang usul Ketua DPRD Kabupaten Purwakarta masa jabatan 2019-2024.

Berdasarkan aturan, Ketua DPRD Kabupaten atau Kota merupakan jabatan politis yang diisi oleh partai politik pemenang Pemilihan Legislatif. Partai Golkar merupakan pemenang Pileg 2019 dengan perolehan 11 kursi, terpaut jauh dari partai lainnya.

Calon yang diusulkan kemudian akan diputuskan oleh Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Jawa Barat. Keputusan tersebut juga dikukuhkan oleh Pengadilan Negeri setempat dalam satu sidang paripurna istimewa.

Jalani mekanisme

Menurut Maula, keputusan DPP menetapkan Ahmad Sanusi tidak sembarang. Sebelumnya ada tiga nama yang diajukan ke DPP untuk disaring melalui mekanisme yang ada. Selain Ahmad Sanusi, ada Nenah Rohanah dan Komarudin.

Dari ketiga nama tersebut DPP Partai Golkar ternyata memutuskan Ahmad Sanusi sebagai calon Pimpinan DPRD Purwakarta. "Ketiga nama tersebut diseleksi secara bertahap. Hasilnya sesuai keputusan DPP mengerucut ke satu nama tersebut," katanya menegaskan.

Selama ini, Ahmad Sanusi dikenal sebagai salah seorang tokoh politikus Golkar yang cukup senior. Meskipun sebagai anggota biasa, laki-laki yang akrab disapa Amor mendapatkan perolehan suara tertinggi dalam Pileg 2019 lalu.

Sejumlah pengurus DPD Partai Golkar Purwakarta telah mengantarkan surat keputusan itu kepada pimpinan DPRD sementara. "Tadi siang sudah kita serahkan, suratnya pimpinan DPRD sementara. Golkar merupakan partai pertama yang sudah mengantongi nama calon pimpinan ini," ujar Maula

Secara terpisah, Pimpinan sementara DPRD Purwakarta, Sri Puji Utami mengapresiasi langkah Partai Golkar yang gerak cepat. Pimpinan dewan saat ini masih menunggu usulan dari partai lainnya. "Benar, Golkar yang pertama menyerahkan calon pimpinannya," ujar Puji mengonfirmasi.***

Bagikan: