Pikiran Rakyat
USD Jual 13.896,00 Beli 13.994,00 | Sedikit awan, 20.4 ° C

Ramalan Leluhur Sebut Ujungjaya Bakal Jadi Negara

Tim Pikiran Rakyat
Logo Kabupaten Sumedang/DOK. PR
Logo Kabupaten Sumedang/DOK. PR

SUMEDANG,(PR).- Hampir sebagian besar masyarakat Ujungjaya sangat meyakini kalau daerah kelahirannya itu kelak akan menjadi sebuah kota besar layaknya ibu kota.

Keyakinan warga ini, tentunya didasari atas adanya "uga" atau ramalan yang dituliskan leluhur Sumedang sejak ratusan tahun silam.

Dimana dalam ramalan itu disebutkan bahwa "Ujungjaya bakal jadi nagara", jika didefinisikan, maka Ujungjaya ini ke depan akan menjadi sebuah kota besar layaknya seperti ibu kota negara.

Seiringnya berjalannya waktu, ramalan leluhur Sumedang yang sudah dituliskan dalam "Uga Ujungjaya" ini sepertinya sudah hampir terwujud.

Sebab faktanya sekarang, daerah pinggiran di wilayah utara Sumedang itu kini sudah menjadi sebuah daerah strategis yang banyak diburu oleh para investor.

Camat Ujungjaya, Didin Hermawan, membenarkan soal adanya "Uga Ujungjaya" tersebut. Malah menurut dia, "Uga" ini sebenarnya bukanlah sebuah ramalan, melainkan bentuk gagasan atau visioner para leluhur Sumedang terkait proyeksi pembangunan Ujungjaya ke depan.

Sesuai visioner leluhur Sumedang, Ujungjaya ke depannya akan menjadi sebuah kota metropolis. "Uga Ujungjaya ini sekarang sepertinya sudah mulai terwujud," katanya.

Bukti nyata Uga Ujungjaya ini, kata Didin, bisa dilihat dari banyaknya proyek-proyek nasional yang dibangun di wilayah Ujungjaya dan daerah sekitarannya.

Kawasan industri

Salah satunya, pembangun BIJB Kertajati, rencana pembangunan interchange Tol Cisumdawu, serta penetapan Ujungjaya sebagai kawasan Industri.

"Impian warga soal Ujungjaya jadi kota besar ini, sekarang sudah di depan mata. Saya harap warga jangan hanya meyakini saja, tapi harus bisa menikmati kemajuan ini, dengan cara memanfaatkan segala peluang yang ada," katanya.

Untuk menyikapi perkembangan daerah tersebut, sedikitnya ada lima aspek yang perlu diperhatikan guna mewujudkan kemajuan masyarakat di Ujungjaya.

Kelima aspek ini, yakni aspek tenaga kerja, aspek peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan desa, pemberdayaan masyarakat dan pembinaan, aspek lingkungan hidup, aspek keagamaan dan terakhir aspek pemuliaan kearifan lokal.

"Apabila kelima aspek itu terpenuhi, Insya Allah harapan masyarakat Ujungjaya untuk menjadi wilayah kota akan terwujud," katanya.

Maka dari itu, sebagai kepanjangan tangan Bupati Sumedang untuk Kec. Ujungjaya, dia meminta kepada seluruh investor yang akan berinvestasi di Ujungjaya, agar bisa memberikan kontribusi bagi warga lokal di Ujungjaya.

"Sejauh ini saya telah mensyaratkan kepada para calon investor agar mendahulukan warga lokal sebagai tenaga kerja. Termasuk harus memberikan dana CSR setiap tahunnya untuk kepentingan desa, lembaga adat, dan pemeliharaan lingkungan," kata Didin kepada wartawan Kabar Priangan, Taufik Rochman.***

Bagikan: