Pikiran Rakyat
USD Jual 14.006,00 Beli 14.104,00 | Sedikit awan, 23.5 ° C

Kesulitan Air Bersih, Warga Manfaatkan Air Selokan

Ahmad Rayadie
BANTUAN air bersih untuk warga yang kesulitan air bersih Desa Hegarmanah, Kecamatan Cicantayan, Kabuapaten Sukabumi.*/ AHMAD RAYADIE/PR
BANTUAN air bersih untuk warga yang kesulitan air bersih Desa Hegarmanah, Kecamatan Cicantayan, Kabuapaten Sukabumi.*/ AHMAD RAYADIE/PR

PALABUHANRATU, (PR). - Sebanyak 421 Kepala Keluarga atau 1.256 jiwa yang tersebar di lima kampung, Desa Hegarmanah, Kecamatan Cicantayan, Kabuapaten Sukabumi, Sabtu 24 Agustus 2019 kesulitan mendapatkan air bersih.

Warga yang berada di kampung Hegarmanah, Cileles, Ciabad, Citiris dan Kampung Pangkalan, kini hanya mengandalkan air selokan dan sawah yang berada tidak jauh dari pemukiman warga.  Terutama untuk memenuhi kebutuhan Mandi, Cuci dan Kakus (MCK)

Sementara sumur permukaan tanah dan sumber mata air, kini kering kerontang. Begitupun sungai Hegarmanah yang berada di sekitar perumahan warga sudah dua bulan terakhir kering.

"Karena tidak ada pilihan lain, kami tidak hanya memanfaatkan untuk MCK. Tapi untuk memasak makanan dan minuman terpaksa memanfaatkan air terssbut," kata warga Kampung Citiis, Maesaroh.

Sebenarnya, kata Maesaroh, warga telah berupaya mendapatkan air bersih. Tidak hanya ngabukbak dan mencair sumber mata air lainnya. Akan tetapi telah menggali lebih dalam sumur-sumur permukaan tanah di rumah msing-masing.

"Tapi upaya yang dilakukan sia-sia. Kami tidak menemukan sama sekali mata air baru. Begitu pula upaya menggali sumur, mengalami kondisi serupa. Air sama sekali tidak tersisa," katanya.

Koordinator Pusat Pengendalian Operasional  (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna membenarkan kesulitan warga di sana. BPBD telah melakukan berbagai langkah untuk membantu kesulitan warga di sana.

"Hanya saja, bantuan pipanisasi tidaklah membantu warga di sana. Karena seluruh sumber mata air, sungai dan sumur dalam kondisi kering," katanya.

Untuk meringankan kesulitan seribu lebih jiwa, kata Daeng sutisna, BPBD telah mendistribusikan air bersih. Pasokan air bersih diberikan setelah BPBD berkoordinasi dengan pihak terkait.

"Ribuan liter air telah didistribusikan kepada warga di sana. Mudah mudahan kesulitan warga untuk mendapatkan air bersih tidak berlarut-larut,", katanya. ***

Bagikan: