Pikiran Rakyat
USD Jual 14.006,00 Beli 14.104,00 | Sedikit awan, 23.5 ° C

Warga Cisaga Temukan Fosil Gajah Purba

Nurhandoko
FOSIL geraham gajah purba yang ditemukan di Desa Bangunharja, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis.  Benda tersebut ditemukan  di lokasi yang hendak dibuat kolam ikan sisi aliran Sungai Cihonje.*/NURHANDOKO WIYOSO/PR
FOSIL geraham gajah purba yang ditemukan di Desa Bangunharja, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis. Benda tersebut ditemukan di lokasi yang hendak dibuat kolam ikan sisi aliran Sungai Cihonje.*/NURHANDOKO WIYOSO/PR

CIAMIS,(PR).- Seorang warga Desa Bangungharja, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis, Sarman menemukan fosil yang diduga bagian gigi geraham gajah purba. Benda tersebut ditemukan saat menggali tanah untuk kolam ikan, tidak jauh dari aliran Sungai Cihonje.

Informasi yang dihimpun, PR Online, Jumat 23 Agustus 2019, bermula ketika hari Senin (19/8/2019) Sarman mencangkul berniat hendak membuat kolam ikan di areal persawahan di sisi sungai. Ketika tengah mencangkul,  mata cangkulnya membentur benda keras. Benda keras tersebut kemudian dikorek,  dengan maksud untuk disingkirkan.   

Setelah berhasil diangkat, dia kaget karena melihat benda yang semula dikira batu ternyata memiliki struktur yang berbeda dengan batu biasanya. Salah satu sisinya terdapat beberapa baris guratan teratur. Temuan tersebut selanjutnya disampaikan kepada tetangga, hingga akhirnya juga sampai ke pihak Desa Bangunharja.

“Kami sudah mengetahui ada temuan tersebut. Berikutnya juga sudah memberitahukan hal itu kepada Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) untuk penanganan berikut,” tutur Sekretaris Desa Bangunharja Warjo, Jumat 23 Agustus 2019.

Dia mengungkapkan, benda beras yang diyakini sebagai fosil hewan purba berukuran besar tersebut beratnya sekitar satu kilogram dan lebar 20 sentimeter. Yang menarik, lanjunya, salah satu bagian ada guratan yang tertata rapi, mirip deretan susunan gigi. “Biar tidak penasaran, perlu penelitian lebih mendalam untuk memastikan fosil tersebut,” ujarnya.

Hal serupa juga dikatakan Syarif Hidayat warga Bangungharja lainnya. Bahkan dia mengungkapkan berdasar gambar yang diterimanya, benda yang ditemukan di Bangunharja,  mirip dengan fosil gajah purba yang sebelumnya ditemukan di Urug Kasang, Kecamatan Tambaksari.

Koleksi museum

Saat ini benda tersebut menjadi koleksi Museum Purba Tambaksari, Ciamis. Bersanding dengan beberapa fosil hewan purba lainnya seperti gigi gajah purba, seperti gigi kuda nil purba, rusa purba dan lainnya.  

“Perlu ada penelitian lebih lanjut untuk mengetahui sejarah fosil tersebut, mulai dari jenisnya apa, umurnya berapa, hidupnya pada masa apa. Apakah terdapat hubungan antara fosil tersbeut dengan temuan fosil hewan purba yang sebelumnya ditemukan di Urug Kasang, Tambaksari yang letaknya bersebelahan,” kata Syarif.

Terpisah Kepala Seksi Cagar Budaya dan Permuseuman Disbudpora Ciamis, Tetet Widiyanti juga mengaku sudah mendapatkan laporan soal temuan fosil di Desa Bangunharja, Kecamatan Cisaga. Menindaklanjuti hal itu, pihaknya juga melakukan konsultasi dengan tim ahli fosil dari Balai Arkeologi (Balar) Jawa Barat.

“Balar membenarkan apabila fosil yang ditemukan itu berupa rahang bawah gajah purba. Arkeolog Balar Jabar pak Lutfi membenarkan berdasar strukturnya fosil tersebut merupakan rahang gigi gajah purba,” tutur Tetet.***

Bagikan: