Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Sebagian berawan, 23 ° C

Tiga Bule Wanita Jadi Ronggeng Gunung di Pangandaran

Tim Pikiran Rakyat
TIGA warga negara asing dari Amerika, Australia dan Irlandia sedang menikmati ronggeng gunung kesenian tradisional khas Pangandaran.*/MUSLIH JERRY/KABAR PRIANGAN
TIGA warga negara asing dari Amerika, Australia dan Irlandia sedang menikmati ronggeng gunung kesenian tradisional khas Pangandaran.*/MUSLIH JERRY/KABAR PRIANGAN

PANGANDARAN,(PR).- Warga negara dari tiga negara yaitu Amerika, Australia dan Irlandia terpesona saat mengikuti tari ronggeng gunung pada pembukaan Balawista International Workshop and Competition 2019 bertempat di Bamboo Maya Kampung Turis Pangandaran, Rabu 21 Agustus 2019. Terlihat tiga bule wanita asyik mengikuti gerakan, selayaknya ronggeng gunung.

Mereka yang larut dalam tari ronggeng gunung merupakan para instruktur dari The International Securities Lending Association (ISLA) yang akan melatih para peserta penyelamatan di pantai. Ada 75 orang dari berbagai daerah di Pangandaran yang mengikuti pelatihan tersebut.

Ketua Balawista Kabupaten Pangandaran Heri Haerudin mengatakan Balawisata Kabupaten Pangandaran akan menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pelatihan lifeguard tingkat Internasional di Pantai Pangandaran bertajuk Workshop and competition 2019 pada tanggal 22- 25 Agustus 2019.

"Pesertanya diikuti dari berbagai daerah. Tahun ini ada 75 peserta dan terjauh dari Jakarta," ungkapnya kepada wartawan Kabar Priangan, Muslih Jerry.

Menurutnya, pada pelaksanaannya nanti para peserta akan diberikan teori dan praktik penyelamatan di pantai yang akan dibimbing oleh instruktur dari 3 negara yaitu Amerika, Australia, dan Irlandia selama tiga hari ke depan.

"Intrukturnya langsung dari ISLA sebenyak 7 orang yang sudah profesional," tuturnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran Drs. Undang Sohbarudin mengatakan, Balawista tidak bisa terpisahkan dengan pariwisata terutama lokasi wisata pantai karena sangatlah penting bagi penyelamatan para pengunjung. Diharapkan para peserta pelatihan ini dapat mengikuti apa yang diberikan oleh instruktur.

"Atas nama pemerintah daerah sangatlah mendukung dengan dilaksanakannya Balawista International Workshop and Competition 2019," tambahnya.***

Bagikan: