Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Sedikit awan, 20.5 ° C

Tetap Mengundang Ustaz Abdul Somad Ceramah, UGJ Tidak Mencari Sensasi

Ani Nunung Aryani
TABLIGH Akbar Ustaz Abdul Somad.*/DOK. PR
TABLIGH Akbar Ustaz Abdul Somad.*/DOK. PR

CIREBON, (PR).- Ustaz Abdul Somad (UAS) dipastikan akan tetap memberikan kuliah umum dan tablig akbar "Peran Perguruan Tinggi dalam Memperkokoh NKRI Menuju Masyarakat Baldatun Thoyibatun Warobbun Ghofur" di halaman kampus Universitas Swadaya Gunungjati (UGJ) Kamis ini 22 Agustus 2019.

Menurut Rektor UGJ, Mukarto Siswoyo, sampai dengan sehari sebelum hari H, tidak ada pembatalan dari pihak UAS. Selain itu juga tidak ada permohonan pembatalan atau keberatan yang diajukan pihak lain, baik lisan maupun tertulis.

"Menurut kami soal polemik yang melibatkan UAS, semua pihak harus mengedepankan praduga tidak bersalah. Apalagi kan sudah ada video klarifikasi dari UAS yang beredar," ujarnya kepada wartawan Rabu 21 Agustus 2019.

Dikatakannya, posisi UGJ sendiri sebagai pihak yang mengundang, sangat menghormati UAS dan menghormati hukum.

Menurut Mukarto, agenda mengundang UAS oleh pihak UGJ sudah dijadwalkan jauh hari, sebelum polemik merebak. Kegiatan tersebut sengaja dipilih sebagai bagian dari kegiatan merayakan dan memeriahkan HUT ke-74 RI.

Apalagi, katanya, HUT RI juga mengusung tema SDM Unggul, Indonesia Maju, sehingga mengisi kegiatan HUT RI dengan kuliah umum yang mengundang UAS dinilainya sangat tepat sebagai institusi pendidikan yang menghasilkan SDM unggul dan berkualitas.

Sehingga menurutnya, UGJ tidak hendak memanfaatkan situasi apalagi mencari sensasi, dengan kegiatan kuliah umum oleh UAS itu.

"Kami mengundang dengan pertimbangan kapasitas yang dimiliki UAS, sebagai pendidik, pemikir, ulama dan sekaligus ilmuwan. Dengan keilmuannya yang mumpuni, kami ingin mahasiswa, dan masyarakat pada umumnya mendapat pencerahan dengan tema kebangsaan itu," paparnya.

Sebagai institusi pendidikan tinggi, katanya, UGJ juga memiliki tanggung jawab dan kewajiban ikut membangkitkan, merawat dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Apalagi, lanjutnya, dengan mengundang UAS,  ada nilai tambah yang akan UGJ dapatkan yang tidak ternilai jumlahnya, yakni doa dari kiai, ulama, habib ditambah ribuan jamaah yang hadir.

Soalnya, katanya, kehadiran UAS dipastikan akan menyedot ribuan jamaah dan menarik kehadiran ulama, habid, kiai dan ustad.

Kegiatan kuliah umum, akan diawali dengan salat asar berjamaah yang akan diimami oleh UAS, dan berakhir menjelang magrib.***

Bagikan: