Pikiran Rakyat
USD Jual 14.031,00 Beli 14.129,00 | Sedikit awan, 23.3 ° C

Setelah Mangkrak Sejak 2016, Pembangunan Stadion Atletik di Ciamis akan Dilanjutkan

Nurhandoko
PENGERJAAN stadion yang berada di wilayah Kelurahan Linggasari, Kecamatan Ciamis berhenti sejak akhir Tahun 2016. Sedangkan bagian lintasan atau trek sudah tuntas dikerjakan. Stadion yang berada tidak jauh dari jalan lingkar selatan Ciamis tersebut bakal menjadi tempat  pertandingan atletik  Porprov Jabar Ke-XIV tahun 2022.*/NURHANDOKO/PR
PENGERJAAN stadion yang berada di wilayah Kelurahan Linggasari, Kecamatan Ciamis berhenti sejak akhir Tahun 2016. Sedangkan bagian lintasan atau trek sudah tuntas dikerjakan. Stadion yang berada tidak jauh dari jalan lingkar selatan Ciamis tersebut bakal menjadi tempat pertandingan atletik Porprov Jabar Ke-XIV tahun 2022.*/NURHANDOKO/PR

CIAMIS,(PR).- Setelah terhenti sejak tahun 2016, pengerjaan bagian tribun Stadion Atletik Ciamis bakal kembali dilanjutkan. Stadion yang berada di wilayah Kelurahan Linggasari, Kecamatan Ciamis ini nantinya bakal digunakan untuk pertandingan atletik Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jabar ke-XIV Tahun 2022.

Pantauan di lokasi stadion yang berada tidak jauh dari jalan lingkar selatan Ciamis, Kamis, 22 Agustus 2019, pintu gerbang stadion terkunci. Namun demikian bagian dalam stadion masih dapat dilihat, yakni  dari permukiman warga yang posisinya lebih tinggi dibandingkan stadion.

Terlihat lintasan atau trek lari warna merah bata sangat kontras dengan kondisi rumput sekitarnya yang meranggas. Beberapa tiang mirip tiang lampu juga berada di sekitar lintasan. Selain itu, di tengah lapangan terdapat dua gawang berukuran kecil.

Di kejauhan terlihat tembok keliling, yang dibelakangnya tampak sejumlah tiang beton. Melihat lebih dekat lokasi tersebut, tampak sejumlah tiang beton yang bakal menjadi bagian tribun sudah tertutup semak belukar. Beberapa tiang menjulang tinggi, sedangkan lainnya berukuran lebih pendek.
 

Di salah satu sudut juga terlihat papan proyek pembangunan lapangan atletik, Kelurahan Linggasari, Kabupaten Ciamis. Pada papan tersebut terdapat papan tulisan projek yang menelan anggaran sebesar Rp 17.617.765.000.000, sumber dana dari APBD Ciamis/Banprov 2017, serta mencantumkan pihak pelaksana.

“Sudah lama tidak dikerjakan, sekitar dua tahun. Yang digarap hanya bagian dalam, sedangkan yang diluar untuk tribun dibiarkan. Tidak tahu kapan dilanjutkan,” ujar Eman, warga Linggasari.

Dia juga menilai ada kesalahan, karena pagar keliling stadion sudah selesai dikerjakan, sedangkan letak calon tribun berada di luar pagar. “Sepertinya ada yang salah ya, masa tribun di luar pagar keliling. Mestinya sepanjang tembok keliling di sekitar tribun harus dibongkar, hingga tribun berada di dalam pagar keliling,” tuturnya.

Berkenaan dengan kondisi Stadion Atletik Ciamis, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan sudah mengajukan anggaran kepada pemerintah Provinsi Jabar. Hal itu seiring dengan stadion atletik tersebut bakal dihhunakan sebagai ajang pertandingan atletik Porprov Jabar Ke-XIV tahun 2022.

“Insyaallah tahun depan kembali dikerjakan lagi. Kami sudah mengajukan ke provinsi. Pengerjaannya bakal menjadi prioritas, sehingga mudah-mudahan selesai dan dapat digunakan sebelum pelaksanaan Porprov 2022,” kata Herdiat.

Dia menilai saat ini projek bangunan tribun stadion baru selesai sekitar 50 persen. Dengan demikian sisa waktu yang tersedia diharapkan stadioan atletitk tersbeut tuntas dikerjakan. Berbeda dengan kondisi tribun lanjutnya, bagian trek atau lintasan atletik sudah tuntas dikerjakan. Saat ini pun sudah dimanfaatkan untuk latihan dan olahraga.

“Bagian lintasannya sangat bagus, sudah memenuhi syarat. Bahkan sudah memiliki sertifikat internasional. Dengan demikian, bagian utama untuk atletik yakni lintasan sudah tidak ada persoalan, siap kapan pun digunakan,” ujarnya.  

Selain atletik, lanjut Herdiat, pada Porprov yang dipusatkan di Kota Tasikmalaya, tatar Galuh Ciamis juga ditunjuk menjadi lokasi pertandingan balap sepeda kelas BMX, tenis lapangan outdoor, serta sepak bola. Selain Stadion Galuh Ciamis, fasiltas, sarana dan prasarana tiga cabor lainnya harus dilengkapi dan sesuai standar.***

Bagikan: