Pikiran Rakyat
USD Jual 14.006,00 Beli 14.104,00 | Sedikit awan, 23.5 ° C

Ridwan Kamil Resmikan Pembangunan Flyover di Sukabumi

Ahmad Rayadie
GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi pada Rabu, 21 Agustus 2019 meresmikan groundbreaking flyover Kota Sukabumi Segmen 3 di Lingkar Luar Sukabumi.*/AHMAD RAYADIE/PR
GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi pada Rabu, 21 Agustus 2019 meresmikan groundbreaking flyover Kota Sukabumi Segmen 3 di Lingkar Luar Sukabumi.*/AHMAD RAYADIE/PR

SUKABUMI, (PR).- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meresmikan pembangunan flyover di segmen tiga Jalur Lingkar Selatan Kota Sukabumi, di Kelurahan Cibeureum Hilir, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi, Rabu, 21 Agustus 2019. Pembangunan kali ini diharapkan bisa memperlancar arus lalu lintas dan memberikan kenyamanan para pengguna kendaraan. Selain itu juga diharapkan bisa meningkatkan konektivitas antardaerah semakin membaik. 

Hasil akhirnya, pembangunan flyover diharapkan mampu menjaga iklim investasi berjalan kondusif. Sehingga dapat mendorong kesejahteraan masyarakat meningkat. 

Apalagi pembangunan ruas jalan dan jembatan pada segmen III ini memakan anggaran dari APBD Provinsi Jawa Barat sebesar Rp 40 miliar yang diperuntukkan bagi jaminan keselamatan warga. "Sehingga diharapkan aktivitas masyarakat tidak terganggu. Jalan aman dan ekonomi lancar serta membawa kemajuan bagi Kota Sukabumi. Apalagi konsep ini, menjadikan truk barang tidak melewati jalan Kota Sukabumi yang kecil kecil. Pokoknya, memisahkan jalur kereta api dengan kendaraan lain," kata Ridwa Kamil.

Disela-sela acara groundbreaking flyover tersebut, Ridwan Kamil yang didampingi Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, berharap pengerjaan jembatan dapat dirampungkan dalam 160 hari kerja. "Pembangunan Jalur Lingkar Selatan tahap berikutnya di 2020. Anggaran pembangunam pada segmen akan  terus ditambah hingga selesai. Keberadaannya diperlukan untuk mempermudah akses mobilitas warga dan mengurai kemacetan di jalur-jalur arteri Kota Sukabumi," katanya. 

Pembangunan jalur yang menghubungkan Baros-Sukaraja itu, kata Ridwan Kamil mencapai  panjang sekira 4,4 kilometer. "Pembangunan dilanjutkan ke segmen 4 yang akan menghubungkan Sukaraja-RM Nikmat dengan panjang 5,5 kilometer," katanya. 

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, pembangunan tersebut akan menertibkan arus lalu lintas. Termasuk kendaraan besar tidak diperkenankan masuk perkotaan. Kendaraan besar yang selama ini melewati arus jalur kota dialihkan melewati flyover, sehingga tidak menghambat laju kendaraan lainnya. 

"Kami berharap pembangunannya selesai di akhir tahun sehingga seluruh kendaraan berat tak masuk perkotaan lagi, terlebih tidak lagi melewati jalan-jalan arteri," katanya.***

Bagikan: