Pikiran Rakyat
USD Jual 14.006,00 Beli 14.104,00 | Sedikit awan, 24.4 ° C

Pemkab Dukung Rencana Pembangunan Jalur Kereta Api Bandung-Cirebon

Tim Pikiran Rakyat
ILUSTRASI jalur kereta api.*/DOK.KABAR BANTEN
ILUSTRASI jalur kereta api.*/DOK.KABAR BANTEN

SUMEDANG,(PR).- Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, siap mendukung rencana Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk membuka Jalur Kereta Api Bandung-Cirebon.

"Pokoknya Pemkab Sumedang siap berkolaborasi untuk merealisasikan pembangunan jalur kereta api Bandung-Cirebon itu," kata Dony, kepada wartawan di sela-sela kegiatan Karnaval Kemerdekaan RI, di Alun-alun Sumedang, Senin 19 Agustus 2019.

Menurut Dony, pembangunan jalur kereta api Bandung-Cirebon ini merupakan salah satu program unggulan Pemprov Jabar yang telah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

Sebagai daerah yang bakal dilintasi, Sumedang tentunya harus mendukung penuh rencana tersebut. Sebab bagaimanapun juga, pembangunan jalur kereta ini akan berdampak positif terhadap pembangunan daerah.

Dijelaskan Dony, sesuai informasi yang diterima Pemkab, pada tahap pertama, pembangunan tersebut akan lebih difokuskan pada reaktivasi jalur kereta api Bandung-Tanjungsari, yakni mulai dari Rancaekek (Bandung)-Jatinangor-Tanjungsari.

"Terkait rencana pembangunan tersebut, kewenangannya ada di provinsi, dan penyelenggarannya langsung oleh PT KAI. Pemkab Sumedang sendiri hanya sebatas fasilitasi saja," katanya.

Adapun soal reaktivasi jalur kereta api Rancaekek-Tanjungsari ini, lanjut Dony, memang sudah beberapa kali disosialisasikan oleh pihak provinsi. Walaupun belum disosialisasikan secara intensif, namun upaya Pemprov Jabar dalam mensosialisasikan rencana reaktivasi jalur kereta api Bandung-Tanjungsari ini sudah terlihat sangat serius.

"Tinggal lebih diintensifkan lagi sosialisasinya. Pemkab Sumedang akan selalu siap untuk membantu fasilitasinya," ujar Dony kepada wartawan Kabar Priangan, Taufik Rochman.***

Bagikan: