Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Langit umumnya cerah, 21.3 ° C

Kota Bekasi Resmi Punya Dua RSUD Baru

Riesty Yusnilaningsih
RIESTY YUSNILANINGSIH/PR
RIESTY YUSNILANINGSIH/PR

BEKASI, (PR).- Dua unit Rumah Sakit Umum Daerah tipe D baru, hadir untuk melayani warga Kota Bekasi. Dengan tambahan dua unit RSUD tipe D tersebut, Kota Bekasi kini memiliki total tiga unit RSUD tipe D yang tersebar di sejumlah kecamatan.

"Tapi kami masih ingin menambah satu unit lagi, sehingga total ada empat RSUD tipe D dengan sebaran yang cukup untuk meliputi setiap kecamatan yang ada," kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi.

Kedua unit RSUD tipe D yang diresmikan tepat pada momen peringatan hari jadi ke-17 Republik Indonesia itu berlokasi di Kecamatan Bantargebang dan Kecamatan Pondok Gede. RSUD tipe D Bantargebang posisinya dekat Kantor Kecamatan Bantargebang, sedangkan RSUD tipe D Pondok Gede berlokasi di belakang Atrium Pondok Gede.

Satu unit RSUD tipe D yang sudah lebih dulu beroperasi berlokasi di Kecamatan Jatisampurna yang peresmiannya bertepatan dengan peringatan hari jadi ke-22 Kota Bekasi, 10 Maret 2019 lalu. Adapun posisinya, berdampingan dengan Kantor Kecamatan Jatisampurna.

"Tambahan satu RSUD tipe D lain ditujukan untuk menjangkau warga Kecamatan Bekasi Barat dan Medan Satria. Mudah-mudahan ini juga bisa segera direalisasikan," katanya.

Rahmat mengatakan, hadirnya tiga unit RSUD tipe D ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kota Bekasi dalam memberikan pelayanan kepada warganya.

"Jadi warga tidak perlu repot jauh-jauh berobat ke RSUD dr Chasbullah Abdul Madjid. Cukup ke RSUD tipe D yang lokasinya dekat dengan rumah, karena RSUD tipe D ini sudah cukup memadai fasilitasnya. Warga sudah bisa berobat ke sini kalau sekadar penyakit ringan," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanty Rohilawati mengatakan bahwa RSUD Tipe D ini dilengkapi ruang gawat darurat, ICU, NICU, poliklinik rawat jalan, serta layanan empat spesialisasi yakni kebidanan, anak, bedah, dan penyakit dalam. Selain itu, RSUD tipe D ini juga dapat menampung kurang lebih 50 pasien rawat inap serta dilengkapi instalasi farmasi, radiologi, dan poli gigi.***

Bagikan: