Pikiran Rakyat
USD Jual 14.031,00 Beli 14.129,00 | Umumnya berawan, 26.1 ° C

Bikin Paspor Bisa di Kecamatan, Ini Jadwal Pelayanannya

Tati Purnawati
PEMOHON paspor sedang mengantre untuk mendapat pelayanan dari petugas Imigrasi Cirebon yang memberikan pelayanan di Kantor kecamatan majalengka.*/TATI PURNAWATI/KABAR CIREBON
PEMOHON paspor sedang mengantre untuk mendapat pelayanan dari petugas Imigrasi Cirebon yang memberikan pelayanan di Kantor kecamatan majalengka.*/TATI PURNAWATI/KABAR CIREBON

MAJALENGKA,(PR).- Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon  lakukan pelayanan proses pembuatan paspor bagi masyarakat di Kantor Kecamatan di wilayah Kabupaten Majalengka lewat program Imigrasi Masuk Desa. Kegiatan ini untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam pembuaran paspor.

Jika paspor selesai dibuat, buku bisa diambil langsung ke kantor imigrasi atau dikirim melalalui PT Pos yang selama ini bekerja sama dengan Imigrasi Cirebon.

Kegiatan Imigrasi Masuk Desa untuk tahap pertama dilakukan mulai Senin 19 Agustus hingga 21 Agustus 2019 di kantor Kecamatan Majalengka.

Kepala Kantor Imigrasi kelas II Cirebon, Muhamad Tito Andrianto negatakan kegiatan yang dilakukannya semata untuk memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang selama pembuatan paspor harus dilakukan ke kantor Imigrasi Cirebon atau Bandung. Hal ini butuh waktu dan tenaga yang cukup bagi para pemohon, sementara tidak semua memiliki waktu luang yang cukup karena kesibukan kerjanya.

“Kegiatan ini bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Majalengka. Jadi kami punya program dan pemerintah kabupaten serta kecamatan memfasilitasi tempat,” ungkap Tito.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk program Nawa Cita Presiden RI memberikan pembuatan paspor bagi masyarakat seta  mengantisipasi pembuatan paspor palsu yang sudah mulai banyak beredar.

Untuk tahap pertama pelayanan pembuatan paspor dilakukan selama 3 hari meliputi Kecamatan Majalengka, Cigasong dan Sukahaji dengan jumlah pemohon ditarget 40 orang per hari.

Kantor pelayanan

Usai Kecamatan Majalengka kegiatan IMD dilaksanakan di Kecamatan Kasokandel, Jatiwangi, Dawuan, Palasah, Sumberjaya itu akan berlangsung pada tangga 26-28 Agustus Wil Kec. Kasokandel, Jatiwangi, Dawuan, Palasah, Sumberjaya, setelah itu awal mulan September mulai tanggal 2-4 akan berlangsung di Kecamatan Sindangwangi, Rajagaluh, Sindang, Leuwiminding, serta tanggal 16-18 di wilayah Kecamatan Maja, Talaga, Banjaran Argapura terakhir tanggal 23-25 September di wilayah Kecamatan Lemahsugih, Malausma, Bantarujeg, Cingambul dan Cikijing.

Disampaikan Tito, kegiatan serupa juga telah dilakukan di Kabupaten Indramayu, kota dan Kabupaten Cirebon serta Kuningan. Di Indaramayu masyarakat yang terlayani mencapai  532 paspor, Cirebon kota sebanyak 320, dan Kabupaten Kuningan sebanyak 417.

Di sisi lain Tito menyampaikan, Kantor Imirgasi ke depan berencana membuka kantor pelayanan di Kabupaten Majalengka, hal ini sekaligus untuk menunjang keberadaan Bandara Internasional Jawa Barat.

“Untuk mendukung keberadaan bvandara tentu Imigrasi wajib menyediakan kantor di Majalengka. Walaupun sebenarnya saat inipun kantor imigrasi sudah ada di dalam kawasan bandara hanya belum memberikan pelayanan pembuatan paspoor,” ungkap Tito.***

Bagikan: