Pikiran Rakyat
USD Jual 14.031,00 Beli 14.129,00 | Sedikit awan, 23.8 ° C

Lomba Ngobeng Meriahkan Agustusan di Kampung

Tim Pikiran Rakyat
MASYARAKAT Dusun Cipicung Desa Karangsari sangat semangat mengikuti lomba menangkap ikan atau ngobeng di sungai Ciayam. Lomba ini digelar dalam rangka memeriahkan Agustusan.*/MUSLIH JERRY/KABAR PRIANGAN
MASYARAKAT Dusun Cipicung Desa Karangsari sangat semangat mengikuti lomba menangkap ikan atau ngobeng di sungai Ciayam. Lomba ini digelar dalam rangka memeriahkan Agustusan.*/MUSLIH JERRY/KABAR PRIANGAN

PANGANDARAN, (PR).- Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia digelar dengan sangat meriah di sejumlah daerah. Banyak aktivitas yang dilaksanakan oleh masyarakat saat 17 Agustus yang disesuaikan dengan kearifan lokal.

Tentu saja di setiap daerah memiliki cara yang berbeda untuk merayakan kemerdekaan RI. Seperti yang dilakukan warga di Dusun Cipicung Desa Karangsari Kecamatan Padaherang, mereka menggelar lomba "ngobeng" (menangkap) ikan mujair di sungai Ciayam, Minggu, 18 Agustus 2019.

Kepala Dusun Cipicung Desa Karangsari sebagai Ketua penyelenggara, Darmin (38) mengatakan, lomba menangkap ikan di sungai ini sengaja digelar untuk memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia. Ternyata peserta yang nota benenya warga Dusun Cipicung ini begitu semangat walau harus rela terjun ke sungai dengan air bercampur lumpur.

"Pesertanya puluhan orang. Mereka berlomba menangkap ikan dan juaranya yang dapat banyak," ungkapnya kepada wartawan Kabar Priangan, Muslih Jerry.

Menurutnya, lomba menangkap ikan jenis mujair ini atau lebih terkenal dengan ngobeng (bhs sunda) banyak diminati oleh masyarakat dan kebetulan pada musim kemarau ini air sungainya sedikit yang akhirnya digunakan untuk perlombaan.

"Ikannya cukup besar-besar yang disebarkan. Peserta lomba berebut hingga air sungainya berubah menjadi warna cokelat kehitam-hitaman," tuturnya.

Salah satu peserta Saripin (35) menambahkan dirinya sengaja mengikuti lomba ngobeng ini sebagai bentuk partisipasi dalam memeriahkan Agustusan dan sudah terbiasa menangkap ikan dengan cara seperti ini.

"Intinya berpartisipasi memeriahkan 17  Agustus, pokonya ramai pisan," tambahnya.***

Bagikan: