Pikiran Rakyat
USD Jual 14.006,00 Beli 14.104,00 | Sedikit awan, 24.4 ° C

Ki Jaga Raksa Jadi Langganan Istana Negara

Tim Pikiran Rakyat

KERETA Kencana Ki Jaga Raksa milik Pemkab Purwakarta kembali hadir dalam pengibaran bendara pusaka merah putih peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.*/ISTIMEWA
KERETA Kencana Ki Jaga Raksa milik Pemkab Purwakarta kembali hadir dalam pengibaran bendara pusaka merah putih peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.*/ISTIMEWA

BANDUNG, (PR).- Kereta Kencana Ki Jaga Raksa milik Pemkab Purwakarta kembali hadir dalam pengibaran bendara pusaka merah putih peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. kereta kecana ini sudah empat tahun berturut turut membawa bendera pusaka di istana Negara, Medan Merdeka, Jakarta, Sabtu 17 Agustus 2019. 

Diketahui kereta kecana tersebut didesain oleh mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. Pemerinta pusat sudah menjadi langganan meminjam kereta kecana ini dalam peringatan HUT Kemeerdekaan RI. 

Dedi Mulyadi yang mengantar langsung kereta ini mengatakan, dipinjamnya ikon budaya Purwakarta tersebut bisa dikatakan menjadi kebanggaan tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten Purwakarta khususnya masyarakat Jawa Barat.

“Kereta kencana ini ikon. Khusus pada upacara peringatan Hari Kemerdekaan sudah empat tahun terakhir ini, bendera pusaka dibawa oleh Ki Jaga Raksa. Tentu, ini merupakan kebanggaan untuk seluruh masyarakat Purwakarta dan Jawa Barat,” katanya dalam rilis yang diterima Minggu, 18 Agustus 2019.

Kereta Kencana Ki Jaga Raksa kembali dipinjam oleh pihak Istana Negara RI untuk membawa bendera pusaka dalam peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI. Selain kereta kencana tersebut termasuk ikon Purwakarta ditambah salah satu pelajar Purwakarta masuk dalam Paskibraka Nasional.
 
Menurutnya, pihak Istana Negara sudah mengajukan peminjaman di akhir tahun 2018, sehingga pihak Pemerintah sudah mempersiapkan segala sesuatunya termasuk service.
 
"Sejak lama dipersiapkan, permohonannya akhir Desember 2018. Bahkan selama dua bulan berada di Yogyakarta untuk dicek dulu dan mendapatkan service. Semuanya kita persiapkan untuk acara HUT Kemerdekaan RI," tuturnya seperti dikutip wartawan Galamedia Anthika Asmara.***

Bagikan: