Pikiran Rakyat
USD Jual 14.006,00 Beli 14.104,00 | Sedikit awan, 23.5 ° C

Meriahkan HUT RI, Ratusan Tukang Becak Freestyle

Tim Pikiran Rakyat
MEMERIAHKAN HUT ke-47 RI, ratusan tukang becak mengikuti lomba menghias dan balapan becak dengan gaya freestyle di Mapolres Garut, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, Kab, Garut, Sabtu, 17 Agustus 2019.*/KABAR PRIANGAN
MEMERIAHKAN HUT ke-47 RI, ratusan tukang becak mengikuti lomba menghias dan balapan becak dengan gaya freestyle di Mapolres Garut, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, Kab, Garut, Sabtu, 17 Agustus 2019.*/KABAR PRIANGAN

PERINGATAN HUT Ke-74 Republik Indonesia, Sabtu, 17 Agustus 2019 masih menyisakan banyak cerita. Salah satunya, perlombaan unik yang berlangsung di Polres Garut, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, yaitu menghias dan uji ketangkasan becak. 

Tentu saja, kegiatan ini banyak menarik perhatian warga. Mereka mengaku sangat terhibur. Hingga beberapa jam kemudian, ratusan warga enggan beranjak dari tempat tersebut sebelum kegiatan benar-benar selesai.

Kegiatan dimulai dengan penilaian terhadap becak yang dirias paling bagus dan unik. Puluhan becak pun berderet dan satu per satu untuk dinilai. 

Berbeda dengan kendaraan hias pada umumnya, becak-becak ini dihias dengan menggunakan bahan-bahan sederhana. Tak ada bunga atau kertas warna warni, hanya dedaunan yang dipilih pemilik becak untuk menghias becak masing-masing.

Yang juga unik, adalah lomba ketangkasan becak. Dalam perlombaan ini, para penarik becak dituntut untuk bisa melakukan freestyle.

Kebanyakan penarik becak bergaya dengan menjalankan becaknya, hanya menggunakan dua roda, yakni dengan cara memiringkan becaknya sehingga roda belakang terangkat dan tak menyentuh aspal.

Aksi piawai para penarik becak ini mengundang decak kagum para penonton, dan juga anggota polisi yang menyaksikannya. Bahkan Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna pun dibuatnya geleng-geleng kepala pertanda kagum.

Meski tak sedikit penonoton yang merasa ngeri melihat kenekatan para penarik becak, akan tetapi banyak pula penonton yang justru merasa sangat terhibur. Bahkan, mereka tertawa terpingkal-pingkal tatkala ada penarik becak yang gagal dan terjatuh saat melakukan aksinya.

Menurut Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna, kegiatan itu diadakan secara mendadak. Akan tetapi, ternyata acara itu berlangsung meriah dan menghibur masyarakat.

"Acaranya dadakan, tapi Alhamdulillah meriah juga dan sangat menghibur. Saya senang karena masyarakat sangat terhibur," ujar Budi kepada Aep Hendy dari Kabar Priangan, Sabtu, 17 Agustus 2019. 

Selain untuk memeriahkan peringatan HUT RI, kegiatan ini menurut Budi juga sebagi bentuk silaturahmi dengan masyarakat. 

Ratusan peserta

Kegiatan ini, dituturkan Budi, diikuti oleh 250 tukang becak. Selain uang, pihaknya juga sengaja menyediakan hadiah dalam bentuk sembako karena dinilai lebih bermanfaat.

Salah seorang peserta lomba ketangkasan becak, Darussalam (35), mengaku sangat senang bisa mengikuti kegiata yang diselenggarakan Polres Garut ini. Tak hanya bisa ikut memeriahkan HUT Kemerdekaan RI, dirinya pun merasa bahagia karena bisa memberikan hiburan pada masyarakat.

"Senang sekali tentunya karena bisa ikut berpartisipasi memeriahkan peringatan HUT RI dan bisa memberikan hiburan pada masyarakat. Apalagi, saya juga bisa mendapatkan hadiah dari Bapak Kapolres," kata Darussalam. Dia menjadi pemenang pada lomba ketangkasan becak ini.

Dia mengatakan, telah 19 tahun menjadi penarik becak. Selama kurun waktu tersebut, sudah tiga kali ia mengikuti lomba ketangkasan becak. Akan tetapi, baru kali ini menjadi juara pertama.

Karena ketangkasannya, ia mendapatkan hadiah berupa beras 50 kg, minyak goreng 25 kg, dan tiga dus mie instan. ***

Bagikan: