Pikiran Rakyat
USD Jual 14.006,00 Beli 14.104,00 | Sedikit awan, 23.5 ° C

Kota Bogor Juara Kompetisi Sains Madrasah se-Jabar

Sarnapi
KEPALA Kemenag Jabar, A. Buchori, saat berpidato dan membuka Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Jabar di Hotel Cianjur, Rabu 14 Agustus 2019.*/SARNAPI/PR
KEPALA Kemenag Jabar, A. Buchori, saat berpidato dan membuka Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Jabar di Hotel Cianjur, Rabu 14 Agustus 2019.*/SARNAPI/PR

CIANJUR,(PR).- Kontingen Kota Bogor berhasil meraih juara umum Kompetisi Sains Madrasah (KSM) se-Jabar yang diadakan di MAN 2 Pacet, Cianjur, setelah meraih juara satu di tiga cabang lomba. Sedangkan kontingen KSM Kabupaten Bandung meraih dua juara satu dan kontingen tuan rumah hanya kebagian juara satu dan dua IPS MTa dan juara dua Fisika MA.

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kemenag Jabar, Abudin, kontingen KSM Kota Bogor meraih juara satu dalam pelajaran Matematika dan IPS tingkat MTs serta Matematika tingkat Madrasah Aliyah (MA). "Sedangkan kontingen Kabupaten Bandung meraih juara satu di pelajaran Geografi MA dan IPA madrasah Ibtidaiyah (MI)," katanya, Jumat, 16 Agustus 2019.

Untuk kontingen tuan rumah, Kabupaten Cianjur, kata Abudin, meraih juara satu dan dua untuk IPS MTs dan juara dua Fisika MA. "Tahun lalu kontingen KSM Kabupaten Kuningan yang meraih juara umum kini direbut Kota Bogor. Para juara satu akan mewakili Jawa Barat dalam KSM nasional di Manado pada September mendatang," ucapnya.

Dia menambahkan, KSM berlangsung jujur sebab ruangan lom a di MAN 2 Pacet disterilkan sehingga hanya peserta dan panitia pengawas yang boleh masuk. KSM dengan sistem tes berbasis komputer (CBT) ini termasuk untuk siswa MI (SD), padahal sebagian besar MI belum belajar komputer.

Dari pengamatan Pikiran Rakyat di MAN 2 Pacet, KSM MI dan MTs disamakan waktunya yang dimulai pukul 08.00-10.00 WIB, namun para peserta sudah datang ke lokasi pukul 07.00 WIB. Hanya ketika memasuki arena lomba di MAN 2 Pacet ternyata hanya peserta yang boleh masuk.

"Para pendamping peserta tidak boleh masuk ke ruangan lomba. Akhirnya kami hanya menunggu sampai lomba selesai," kata ketua kontingen KSM Kabupaten Bandung, Iis Sofia Raisa Almawahib.

Seperti diketahui, sebanyak 162 siswa MI,  243 siswa MTs dan 486 siswa MA se-Jawa Barat mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Jawa Barat di Cipanas, Cianjur, dari Rabu-Kamis, 14 hingga 15 Agustus 2019. 

Cabang lomba untuk KSM tingkat MI adalah IPA integrasi dan Matematika integrasi, sedangkan untuk MTs adalah Matematika integrasi, IPA integrasi dan IPS integrasi.

"Sedangkan untuk tingkat MA ada enam cavang lomba yakni Biologi, Fisika, Kimia, Geografi, Ekonomi, dan Fisika yang semuanya integrasi dengan Pendidikan Agama Islam (PAI)," tuturnya.***

Bagikan: