Pikiran Rakyat
USD Jual 14.039,00 Beli 14.137,00 | Berawan, 20 ° C

601 Narapidana Mendapatkan Remisi

Dodo Rihanto
BUPATI Karawang Cellica Nuracchadiana memberikan surat remisi HUT ke-74 RI kepada warga binaan Lapas Kelas II A Karawang.*/ DODO RIHANTO/PR
BUPATI Karawang Cellica Nuracchadiana memberikan surat remisi HUT ke-74 RI kepada warga binaan Lapas Kelas II A Karawang.*/ DODO RIHANTO/PR

KARAWANG, (PR).- Setiap memperingati HUT Republik Indonesia, selalu ada remisi untuk  para warga binaan. Begitu pula di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Karawang 601 narapidana mendapat remisi bertepatan dengan peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Sabtu  17 Agustus 2019. 13 di antaranya langsung bebas kerena masa hukumannya otomatis habis setelah diberi remisi tersebut.

"Sebanyak 13 napi langsung bebas dan satu orang masih harus melaksanakan PB setelah mendapatkan pengurangan masa tahanan," kata Kepala Lapas Kelas II A Karawang, Iskandar Irianto Basuki.

Menurutnya, narapidan yang langsung bisa pulang pada umumnya terjerat kasus narkoba dan kriminal umum, dengan masa penahanannya tinggal satu hingga enam bulan lagi.

Selain berkelakuan baik, lanjut Iskandar, narapidana yang mendapatkan remisi itu sudah menjalani masa hukuman cukup lama. Mereka layak menikmati momentum hari kemerdekaan RI.

Dijelaskan juga, di Lapas Kelas II A Karawang terdapat 1.181 warga binaan yang terdiri dari 1.149 pria, 29 wanita, dan 3 anak. Dari jumlah tersebut, 260 orang merupakan tahanan dan 921 orang narapidana.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana, secara simbolis memberikan surat bebas kepada napi yang mendapat remisi langsung bebas. Cellica juga membacakan amanat dari Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia, Yasonna H Laoly.

"Menkumham berpesan kepada seluruh jajaran pemasyarakatan agar tetap menjadi pelayan masyarakat yang mempunyai semangat dan mengabdi dengan tulus ikhlas. Dalam menjalankan tugas harus penuh dedikasi, penuh integritas, dan memiliki keyakinan untuk membangun Pemasyarakatan yang lebih baik," kata Cellica.***

Bagikan: