Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Langit umumnya cerah, 22.8 ° C

Ki Jaga Raksa Kembali Mengantar Bendera Pusaka

Hilmi Abdul Halim
KERETA kencana dari Kabupaten Purwakarta kembali menjadi pembawa bendera pusaka merah putih pada upacara Hari Kemerdekaan Indonesia di Istana Negara, Sabtu, 17 Agustus 2019 mendatang. Kereta bernama Ki Jaga Raksa itu pun dipersiapkan khusus selama dua bulan lalu.*/HILMI ABDUL HALIM/PR
KERETA kencana dari Kabupaten Purwakarta kembali menjadi pembawa bendera pusaka merah putih pada upacara Hari Kemerdekaan Indonesia di Istana Negara, Sabtu, 17 Agustus 2019 mendatang. Kereta bernama Ki Jaga Raksa itu pun dipersiapkan khusus selama dua bulan lalu.*/HILMI ABDUL HALIM/PR

KERETA kencana dari Kabupaten Purwakarta kembali menjadi pembawa bendera pusaka merah putih pada upacara Hari Kemerdekaan Indonesia di Istana Negara. Kereta bernama Ki Jaga Raksa itu pun dipersiapkan khusus selama dua bulan lalu.

Pemerintah Kabupaten Purwakarta bahkan mengirim kereta kuda tersebut ke tempat pembuatannya di Yogyakarta. "Di sana untuk dicek dulu dan mendapatkan service. Semuanya kita persiapkan untuk acara HUT Kemerdekaan RI kali ini," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika kepada Pikiran Rakyat, belum lama ini.

Penggunaan Ki Jaga Raksa diakui sebagai permintaan langsung Presiden Joko Widodo. Pemerintah daerah setempat menerima permintaan tersebut sejak akhir 2018 lalu, meskipun baru dikirimkan pada 9-17 Agustus 2019.

Anne menyebut Ki Jaka Raksa sudah digunakan untuk momentum yang sama sebanyak empat tahun berturut-turut. Kereta kencana tersebut merupakan kreasi Bupati Purwakarta sebelumnya, Dedi Mulyadi yang diperkenalkan sejak 2014.

Unsur kebudayaan Jawa Barat terkandung dalam ornamen kereta kencana itu, seperti dari bentuk mahkota dan kujang. "Arti dari nama Ki Jaga Raksa ialah Yang Maha Menjaga. Itu dipersembahkan bagi para leluhur yang berjasa membangun Purwakarta," kata Anne.

Kereta kencana tersebut kini menjadi salah satu ikon Purwakarta. Sebelum digunakan dalam upacara bendera nasional, Ki Jaga Raksa sempat digunakan untuk menyambut Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Kabupaten Purwakarta, 2015 lalu. 

Keterlibatan kereta kencana milik Pemerintah Kabupaten Purwakarta dalam upacara bendera tingkat nasional itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Anne dan masyarakat daerahnya. Kebanggaannya tahun ini ditambah dengan keikutsertaan pelajar asal Purwakarta.

Seorang siswi SMA Negeri 1 Purwakarta bernama Fara El Diba terpilih menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Nasional. "Saya ucapkan selamat dan bisa memberikan inspirasi bagi masyarakat Purwakarta khususnya para pelajar," kata Anne mengapresiasi.

Sementara itu, proses penjemputan Ki Jaga Raksa dikemas dalam kegiatan budaya pada Jumat, 9 Agustus 2019 malam pekan lalu. Prosesi itu pun dipimpin langsung oleh sang kreator kereta kencana, Dedi Mulyadi.

Ia mengapresiasi upaya Presiden Joko Widodo memasukkan unsur kebudayaan dalam kegiatan kenegaraan tersebut. "Semoga apresiasi kebudayaan seperti ini dapat menyeluruh bukan hanya di istana negara tapi di daerah-daerah juga melakukan hal yang sama," tutur Dedi.***

Bagikan: