Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Langit umumnya cerah, 22.8 ° C

Dishub Sumedang Siapkan Yanyan Jadi Sopir Teladan Tingkat Nasional

Tim Pikiran Rakyat
KEPALA Bidang Angkutan Dishub Sumedang Risyana.*/TAUFIK ROCHMAN/KABAR PRIANGAN
KEPALA Bidang Angkutan Dishub Sumedang Risyana.*/TAUFIK ROCHMAN/KABAR PRIANGAN

SUMEDANG,(PR).- Setelah berhasil masuk peringkat dua besar pada pemilihan Abdi Yasa Teladan tingkat Provinsi Jawa Barat 2019, Yanyan Viana sopir angkutan 03 Sumedang, kini harus bersiap mengikuti pemilihan selanjutnya di tingkat Nasional.

Menurut informasi, pada pemilihan Abdi Yasa Teladan Tingkat Provinsi yang diselenggarakan Dinas Perhubungan Jawa Barat beberapa waktu lalu itu, dimenangkan oleh Yayan Mulyana awak angkutan dari Kota Bandung sebagai juara 1, dan Yanyan Viana awak angkutan dari Sumedang sebagai juara 2.

Atas prestasi yang diraihnya tersebut, maka kedua awak angkutan teladan ini harus mengikuti pemilihan Abdi Yasa Tingkat Nasional mewakili Provinsi Jawa Barat.

"Memang betul, pada pemilihan Abdi Yasa Teladan Tingkat Provinsi kemarin, awak angkutan dari Kabupaten Sumedang ini alhamdulillah masuk peringkat dua besar. Dengan demikian, Azis (panggilan akrab Yanyan Viana) ini, harus kita berangkatkan pada pemilihan Abdi Yasa Teladan Tingkat Nasional mewakili Jabar," kata Kepala Bidang Angkutan pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kab. Sumedang, Risyana, Kamis 15 Agustus 2019.

Menurut Risyana, sebelumnnya Yanyan Viana ini memang telah dipercaya mewakili Sumedang untuk ikut pada pemilihan Abdi Yasa Tingkat Provinsi Jawa Barat. Dalam pemilihan itu, Yanyan berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan sehingga bisa masuk peringkat ke dua.

Pembekalan

Prestasi yang diraih Yanyan tersebut, kata Risyana, tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi para awak angkutan dan Dishub Sumedang. Sebab bagaimanapun juga, keberhasilan ini menjadi salah satu bukti kalau awak angkutan di Sumedang masih sangat disiplin dan mentaati berbagai peraturan dari Kementerian Perhubungan.

Terkait rencana keikutsertaan Yanyan pada pemilihan Abdi Yasa tingkat nasional, Risyana menjelaskan, pemilihan awak angkutan teladan Tingkat Nasional itu rencananya akan diselenggarakan awal September 2019 mendatang.
Untuk itu, sebelum diberangkatan pada lomba Tingkat Nasional, kedua awak angkutan tersebut akan diberikan pembekalan dulu di provinsi. 

Khusus kepada Yanyan Viana, Dishub Kab. Sumedang, sampai saat ini masih terus memberikan pembinaan dan pembekalan, dengan harapan agar pada pemilihan di Tingkat Nasional nanti, Yanyan sudah benar-benar siap untuk mengikuti berbagai tahapan pemilihan.

Pembekalan itu sendiri, lanjut Risyana, tentunya disesuaikan dengan indikator yang akan dinilai pada lomba, yakni seputar keahliannya dalam simulator membawa kendaraan, tes fisik, kesehatan, pemahaman sarana prasarana lalu lintas, hingga pembekalan masalah lain yang menyangkut bahaya barang-barang terlarang.

"Azis ini akan membawa nama baik Sumedang dan Pemprov Jabar, jadi pembekalannya pun harus benar-benar maksimal. Makanya Hari Kamis ini juga, kedua awak angkutan itu sedang mengikuti pembekalan dari pihak Pemprov di Bandung," ujarnya kepada wartawan Kabar Priangan, Taufik Rochman.***

Bagikan: