Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Langit umumnya cerah, 21.7 ° C

Belum Ada Aturan Jelas, Sampah Plastik Masih Bejibun

Dodo Rihanto
ILUSTRASI.*DOK.PIKIRAN RAKYAT
ILUSTRASI.*DOK.PIKIRAN RAKYAT

KARAWANG, (PR).- Pemerintah Kabupaten Karawang hingga saat ini belum memiliki aturan yang jelas untuk mengurangi sampah plastik di wilayahnya. Akibat hal itu, semua pelaku usaha masih bebas menggunakan bahan yang susah terurai tersebut.

Hal itu diakui Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang, Wawan Seriawan, Kamis 15 Agustus 2019. "Kami masih melakukan kajian secara mendalam aturan persampahan plastik," ujar Wawan.

Menurutnya, Karawang belum memiliki aturan tentang penggunaan plastik, sehingga sampah dari bahan itu bisa ditekan. DLHK tidak mau memakai aturan yang diterbitkan menteri karena belum tentu sesuai dengan karakter masyarakat Karawang.

Guna menerbitkan aturan itu, DLHK Karawang dalam waktu dekat akan melakukan kunjungan kerja ke beberapa daerah yang dinilai berhasil menerapkan aturan sampah plastik. "Sesudah Agustusan (HUT RI) kami akan melakukan studi banding ke sejumlah kota yang sudah berhasil menekan sampah plastik secara efektif," katanya.

Setelah itu, pihaknya akan menindaklanjuti pembatasan penggunaan barang berbahan plastik melalui peraturan bupati (perbup). "Kami tidak ingin aturan ini nanti hanya sebatas aturan saja, harus ada efeknya untuk masyarakat. Oleh karena itu harus dikaji secara mendalan terlebih dahulu," katanya.***

Bagikan: