Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Langit umumnya cerah, 21.1 ° C

Belum Bekerja, Anggota DPRD Kota Cirebon Minta Peningkatan Fasilitas

Ani Nunung Aryani
SEBANYAK 35 anggota DPRD Kota Cirebon periode 2019-2024 dilantik dalam Rapat Paripurna Pengambilan Sumpah Anggota DPRD Masa Jabatan 2019-2024 di gedung DPRD Kota Cirebon, Senin 12 Agustus 2019.*/ANI NUNUNG/PR
SEBANYAK 35 anggota DPRD Kota Cirebon periode 2019-2024 dilantik dalam Rapat Paripurna Pengambilan Sumpah Anggota DPRD Masa Jabatan 2019-2024 di gedung DPRD Kota Cirebon, Senin 12 Agustus 2019.*/ANI NUNUNG/PR

CIREBON, (PR).- Baru dilantik, anggota DPRD Kota Cirebon periode 2019-2024 sudah meminta ruangan komisi, ruang fraksi, ruang kerja, serta alat kelengkapan dewan lainnya yang representatif.

Permintaan tersebut disampaikan Ketua DPRD Sementara Ruri Tri Lesmana saat memberikan sambutan sebagai Ketua DPRD Sementara seusai dilantik pada Senin 12 Agustus 2019.

Dalam sambutannya, Ruri Tri Lesmana mengatakan bahwa permintaan tersebut merupakan aspirasi koleganya sesama anggota DPRD.

Menurut dia, segenap fasilitas tersebut saat ini tidak representatif sehingga mempengaruhi kenyamanan anggota DPRD ketika bekerja. Selain ruang kerja yang representatif, Ruri Tri Lesmana meminta Wali Kota Cirebon agar bisa menambah sumber daya manusia berkualifikasi tinggi di Sekretariat Dewan.

"Permintaan tersebut merupakan aspirasi teman-teman di dewan. Semoga menjadi bahan pertimbangan eksekutif agar bisa optimal dalam menjalankan roda pemerintahan," ujar Ruri Tri Lesmana.

Ruri Tri Lesmana sebelumnya merupakan anggota DPRD Kota Cirebon periode 2014-2019. Sementara sosok yang menjadi Wakil Ketua DPRD Sementara adalah Fitria Pamungkaswati, Ketua DPC PDIP Kota Cirebon.

Seperti halnya Ruri Tri Lesmana, Fitria Pamungkaswati juga merupakan anggota DPRD Kota Cirebon periode 2014-2019. Dari 35 kursi DPRD, 19 kursi dihuni anggota lama yang kembali terpilih.

Penentuan Ketua dan Wakil Ketua dilakukan berdasarkan perolehan suara terbanyak. Meski Partai Gerindra dan PDIP sama-sama beroleh 6 kursi, perolehan Partai Gerindra lebih banyak ketimbang perolehan suara PDIP.

Menurut Ruri, tugas pimpinan dewan sementara yakni memfasilitasi pembentukan fraksi, tata tertib dewan, dan pimpinan dewan definitif.

Wali Kota menjawab

Menanggapi permintaan yang disampaikan Ruri Tri Lesmana, Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis mengatakan, ruang kerja fraksi, komisi, dan alat kelengkapan dewan yang lain memang kurang representatif.

"Bahkan bukan hanya ruang kerja fraksi, komisi, dan alat kelengkapan dewan yang lain, ruang tunggu VIP juga kurang representatif," ujar Nashrudin Azis seusai Rapat Paripurna Pengambilan Sumpah Anggota DPRD 2019-2024 di gedung DPRD Kota Cirebon, Senin 12 Agustus 2019.

Nashrudin Azis berjanji akan menganggarkan dana renovasi untuk keperluan yang diminta anggota DPRD, termasuk ruang tunggu VIP, pada tahun anggaran 2020.

Nashrudin Azis mengatakan, Pemerintah Daerah maupun DPRD merupakan lembaga pemerintahan sejajar. Karena itu, dibutuhkan proses saling pengertian dan kerja sama yang baik di antara kedua lembaga itu guna mewujudkan masyarakat Kota Cirebon yang lebih sejahtera.

“Tapi saya yakin, kerja sama yang sudah baik sebelumnya bisa terus berlangsung dengan anggota DPRD Kota Cirebon yang dilantik,” kata Nashrudin Azis.***

Bagikan: