Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Langit umumnya cerah, 22.8 ° C

Uji Adrenalin di Green Santirah, Pangandaran

Tim Pikiran Rakyat
WISATAWAN saat melakukan river tubing di Green Santirah, Pangandaran. /MUSLIH JERRY/KABAR PRIANGAN
WISATAWAN saat melakukan river tubing di Green Santirah, Pangandaran. /MUSLIH JERRY/KABAR PRIANGAN

LOKASI wisata alam body rafting yang berada di Kabupaten Pangandaran memang sudah tidak asing bagi pengunjung yang menyukai tantangan andrenalin. Salah satunya, Green Santirah.

Objek wisata ini merupakan destinasi baru yang kini populer dengan aktivitas pengarungan sungai alias river tubing. Di sana, wisatawan juga bisa melakukan body rafting dengan cara melompat dari tebing tinggi ke sungai.

Yang lebih unik, percikan adrenalin akan semakin disempurnakan dengan suguhan langsung dari alam. Wisatawan dapat menerobos lorong gelap gua-gua alam, juga keindahan air terjun atau curug di antara tebing-tebing tingginya.

Ketua pengelola Destinasi Wisata Santirah Udin Tugaswara (48) kepada Muslih Jerry dari Kabar Priangan mengatakan, aktivitas river tubing di Green Santirah lebih condong mengutamakan kebersamaan dan aktivitas bersama-sama. Meskipun masing-masing personel mendapatkan perahu atau tubing-nya sendiri, mereka akan melewati beberapa jeram yang membuat suasana lebih seru dan menantang. Di sisi lain, keamanan juga lebih terjamin karena dilakukan secara berkelompok. 

"Kami jamin pengunjung akan ketagihan," ucapnya, Jumat, 9 Agustus 2019.

Menurut Udin, selama pengarungan sungai Santirah, wisatawan akan merasakan sensasi petualangan berupa menerjang beberapa jeram. Di antaranya ada jeram Batu Munding, jeram Leuwi Panjang, dan jeram Sindang Melang.

Tak hanya itu, rute lorong gua juga beragam, mulai dari Gua Gendang, Gua Panjang Santirah, Gua Lengkop, dan Gua Cukang Taneuh. Medan yang akan ditemui juga berupa curug atau air terjun di antara tebing-tebing tingginya, yaitu Air Terjun Tirai, Air Terjun Batu Munding, Air Terjun Curug Kembar, Air Terjun Curug Mini, dan Air Terjun Curug Tiga.

"Bagi yang suka tantangan andrenalin, disini tempatnya," tutur Udin.

Tiga perkampungan dan dua desa

Aliran sungai Santirah melintasi tiga perkampungan dan dua desa, dengan panjang jalur untuk aktivitas river cave tubing sekitar 1,5 kilometer. Jarak tersebut bisa ditempuh selama kurang lebih 2 jam pengarungan sungai.

Akan tetapi pada kenyataannya, wisatawan bisa menghabiskan waktu lebih dari dua jam. Penyebabnya bukan karena sulitnya medan yang ditempuh, melainkan karena banyaknya waktu yang dihabiskan untuk aktivitas berfoto. 

"Memang sayang banget kalau aktivitas yang keren di lokasi yang indah ini dibawa pulang tanpa kenangan dan dokumentasi," katanya.

Dia menambahkan, tidak hanya menikmati derasnya aliran sungai, wisatawan pun akan diajak oleh pemandu untuk melewati lorong gua sebanyak empat kali . Di antaranya ada Gua Gendang dengan panjang 10 meter, Gua Panjang Santirah dengan panjang 100 meter, Gua Lengkob dengan panjang 8 meter, dan Gua Cukang Taneuh dengan panjang 10 meter. 

Yang paling indah, yaitu Curug Tirai yang terletak di awal titik start, sehingga begitu mulai, para pengarung sungai sudah dapat dibuat terpana dari alami dari sungai Santirah.

"Curahan airnya memanjang dan berderet seakan membentuk tirai, sehingga menjadi inspirasi, seperti namanya, Curug Tirai," katanya. ***

Bagikan: