Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Langit umumnya cerah, 22.8 ° C

Jelang Iduladha, Kodam Siliwangi Sebar 700 Kambing ke Pelosok Jawa Barat

Mochammad Iqbal Maulud
PANGDAM III/Siliwangi Mayor Jenderal TNI Tri Soewandono melepas belasan mobil berisi hewan kurban yang akan dibagikan di 9 kabupaten dan kota di Jabar. Prosesi pelepasan digelar di Mako II Kodam III/Siliwangi, Jalan Kalimantan, Kota Bandung, Jumat 9 Agustus 2019.*/MOCHAMMAD IQBAL MAULUD/PR
PANGDAM III/Siliwangi Mayor Jenderal TNI Tri Soewandono melepas belasan mobil berisi hewan kurban yang akan dibagikan di 9 kabupaten dan kota di Jabar. Prosesi pelepasan digelar di Mako II Kodam III/Siliwangi, Jalan Kalimantan, Kota Bandung, Jumat 9 Agustus 2019.*/MOCHAMMAD IQBAL MAULUD/PR

BANDUNG, (PR).- Sebanyak 700 kambing dan 3 ekor sapi diberangkatkan ke pelosok-pelosok Jawa Barat oleh Kodam III/Siliwangi. Kegiatan tersebut untuk menyambut Iduladha yang akan berlangsung pada Minggu 11 Agustus 2019 mendatang.

"Ini sebagai kepedulian kami kepada umat Muslim yang masih dalam keadaan prasejahtera. Nantinya kambing-kambing tersebut akan diberangkatkan ke wilayah-wilayah seperti Bandung Raya, Tasikmalaya dan Cirebon," kata Pangdam III/Siliwangi Mayor Jenderal TNI Tri Soewandono di Mako II Kodam III/Siliwangi, Jalan Kalimantan, Kota Bandung pada Jumat 9 Agustus 2019.

Masing-masing daerah tersebut akan mendapatkan kambing dengan kuantitas berbeda. Bandung Raya akan mendapatkan 300 kambing, Tasikmalaya dan Cirebon masing-masing berjumlah 200 kambing. Sementara sapi masing-masing daerah tersebut berjumlah 1 ekor.

"Kami koordinasikan dengan 9 Kodim yang ada di lingkup Kodam III/Siliwangi. Nantinya kambing-kambing ini akan didistribusikan oleh Kodim-Kodim untuk membaginya sesuai dengan keadaan masyarakatnya. Jadi tentunya penerimaan dikhususkan pada masyarakat prasejahtera di wilayah yang ada di bawah Kodim-Kodim tersebut," ucapnya.

Tri juga berterima kasih kegiatan ini bisa terlaksana dengan bantuan dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI). "Kegiatan pembagian hewan kurban ini pun diharapkan akan berlanjut di tahun-tahun yang akan datang," katanya.

Oleh karenanya Tri berharap mereka yang membutuhkan bisa mendapatkan makanan yang sehari-hari dapatkan‎ masyarakat pada umumnya. "Semoga ini menjadi amal ibadah bagi kita selaku umat Muslim di Indonesia," katanya menutup.

Kepala Cabang ACT Provinsi Jawa Barat, Renno I Mahmoeddin mengatakan, di masa datang ACT dan MRI akan melaksanakan kegiatan yang sama dengan tetap melibatkan Kodam III/Siliwangi. Apalagi Kodam III/Siliwangi sangat paham betul mengenai teritorial di Jawa Barat.

"Melalui bantuan Kodam III/Siliwangi nantinya hewan kurban ini akan disalurkan ke 35.000 kepala keluarga. Atau jika dikalkulasikan jumlah keseluruhannya mencapai 105.000 jiwa, ini adalah bentuk kepedulian Kodam III/Siliwangi, ACT dan MRI bagi kemaslahatan umat," katanya.

Renno juga menjelaskan nantinya dari pihak ACT dan MRI akan mencoba untuk mengalirkan hewan kurban tak hanya di Indonesia. "Kami sudah merencanakan untuk memberikan hewan kurban ke 50 Negara di dunia, khususnya yang memiliki rakyat yang masih prasejahtera," ucapnya.

Oleh karena itu Renno pun berterimakasih atas keterlibatan Kodam III/Siliwangi dalam mendistribusikan hewan kurban. Terlebih ini adalah bentuk sinergi dari ACT, MRI dan Kodam III/Siliwangi yang selama ini selalu bersama-sama dalam penanganan masalah kebencanaan di masyarakat.

"Mudah-mudahan masyarakat prasejahtera bisa merasakan kebahagiaan di saat hari raya Iduladha. Diharapkan mereka ini bisa merasakan makan daging seperti kita ini yang bisa dengan mudah mendapatkannya," katanya.***

Bagikan: