Pikiran Rakyat
USD Jual 14.007,00 Beli 14.105,00 | Umumnya berawan, 27.3 ° C

Terminal Bubulak Memprihatinkan, Kumuh, dan Sepi

Windiyati Retno Sumardiyani
KENDARAAN melintasi jalan depan Terminal Bubulak, Kelurahan Bubulak, Kota Bogor  yang rusak dan tak terawat, Selasa, 6 Agustus 2019. Pemerintah Kota  Bogor mengklaim segera melakukan penataan dan perbaikan kawasan terminal tersebut.*/WINDIYATI RETNO SUMARDIYANI/PR
KENDARAAN melintasi jalan depan Terminal Bubulak, Kelurahan Bubulak, Kota Bogor yang rusak dan tak terawat, Selasa, 6 Agustus 2019. Pemerintah Kota Bogor mengklaim segera melakukan penataan dan perbaikan kawasan terminal tersebut.*/WINDIYATI RETNO SUMARDIYANI/PR

BOGOR,(PR).- Kondisi  Terminal Bubulak, di Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor memprihatinkan. Kondisinya yang kumuh dan tak terawat membuat pengguna transportasi umum enggan singgah di terminal tipe c tersebut. Di sisi lain, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta justru berencana membangun taman parkir di kawasan tersebut.

Dari pantauan “PR”, Selasa, 6 Agustus 2019, kondisi Terminal Bubulak terlihat kumuh dan sepi. Kondisi aspal di terminal juga rusak parah. Itu sebabnya, para pengguna angkutan umum enggan berlama-lama di dalam terminal.

Salah seorang warga Desa Kalongdagul, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor Arika (24) saat dijumpai di kawasan Terminal Bubulak mengaku enggan menunggu angkutan umum di dalam terminal lantaran takut. Arika juga menilai terminal tersebut tidak berfungsi sebagai mana mestinya sehingga kondisinya sedikit terbengkalai.

“Saya jarang naik dari terminal, lebih baik di luar saja, aman, takut kalau di dalam, soalnya sepi,” ujar Arika kepada “PR”.

Belum lama ini Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim juga sempat melakukan inspeksi mendadak kondisi Terminal Bubulak. Dedie pun menyebut keberadaan terminal tipe C tersebut perlu dikaji ulang lantaran berdekatan dengan Terminal Laladon. Belum lagi, Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana membangun Terminal Dramaga.

“Terminal ini ke depan kita harapkan dapat difungsikan untuk melayani  trayek Bogor-Ciputat-Tangerang-BSD, tetapi kita juga perlu mengkaji kembali keberadaan terminal ini karena cukup berdekatan dengan terminal di Kabupaten Bogor,  kalau bisa disatukan kenapa tidak demi efisiensi juga,” ujar Dedie A Rachim.

Sementara itu, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan Kota Bogor Dody Wahyudin tak menampik kondisi tersebut  kurang terawatt. Bahkan bagian depan jalan akses masuk Terminal Bubulak rusak parah. Kondisi tersebut, menurut Dody akan segera diperbaiki. Pada 2019, Dishub Kota Bogor telah menganggarkan perbaikan  sarana dan prasarana Terminal Bubulak agar dapat berfungsi secara optimal.

“ Kita akan lakukan pemeliharan terkait akses masuk, memang sudah kaya kolam ikan. Kita utamakan dulu kebutuhan masyarakat,  kalau akses tidak nyaman ya memang kendaraan berpikir dua kali untuk masuk ke terminal,” tutur Dody.

Menurut Dody perbaikan kondisi Terminal Bubulak akan dilakukan pada 2019.  Selain perbaikan akses masuk terminal, Dishub Kota Bogor juga akan melengkapi rambu lalu lintas di kawasan terminal mulai dari rambu parkir, dan petunjuk arah. Anggaran yang disediakan berkisar Rp 900 juta.

“Kita antisipasi orang yang akan mengantar penumpang dengan kendaraan pribadi, supaya tahu akses keluar di mana, harus berputar di mana. Walaupun semacam terminal lintasan, saat ini Terminal Bubulak juga melayani angkutan kota, AKDP, dan AKAP,” ujar Dody.

Park and ride

Menurut Dody,Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga belum lama ini telah mensurvey Terminal Bubulak berkaitan rencana hibah pembangunan park and ride di kawasan terminal tersebut. Nantinya, masyarakat di wilayah Bogor Barat dan sekitarnya yang akan ke Jakarta diharapkan dapat memarkirkan kendaraanya di Terminal Bubulak, dan meneruskan perjalanan menggunakan moda transportasi massal.

“Tentu saja ini sangat mumpuni, prosesnya tidak tahun ini, baru  tahap perencanaan. Pemprov DKI berharap nanti masyarakat dari Bogor Barat enggak semua masuk ke DKI,  untuk mengurangi beban kendaraan di Jakarta, dan mengurangi polusi ibu kota,” kata Dody.

Wacana tersebut,  menurut Dody, akan berdampak positif bagi kelangsungan Terminal Bubulak. Revitalisasi Terminal Bubulak menurut Dody juga akan dilakukan secara bertahap sehingga nyaman bagi penumpang.

“Ini merupakan upaya penataan transportasi yang lebih maju, untuk revitalisasi total terminal memang  belum memungkinkan, ya bertahap mungkin dari pendestriannya dulu, lanjut gedung parkirnya, kita harus selaraskan dengan skema park and ride,” kata Dody.***

Bagikan: