Pikiran Rakyat
USD Jual 14.075,00 Beli 14.173,00 | Sebagian cerah, 31.4 ° C

Pembakaran Sampah di Cadas Bodas Ganggu Pengguna Jalan

Tim Pikiran Rakyat
AKTIVITAS pembakaran sampah di sekitar kawasan Blok Cadas Bodas wilayah Desa Rancamulya Kec. Sumedang Utara sering mengganggu pengguna jalan.*/TAUFIK ROCHMAN/KABAR PRIANGAN
AKTIVITAS pembakaran sampah di sekitar kawasan Blok Cadas Bodas wilayah Desa Rancamulya Kec. Sumedang Utara sering mengganggu pengguna jalan.*/TAUFIK ROCHMAN/KABAR PRIANGAN

SUMEDANG,(PR).- Niat baik ingin membersihkan sampah, namun ternyata malah mengganggu pengguna jalan. Seperti yang sering terjadi di sekitar Jalan Sumedang-Wado, betulan Blok Cadas Bodas wilayah Desa Rancamulya Kecamatan Sumedang Utara.

Kawasan Cadas Bodas ini, memang sering dijadikan lokasi pembuangan sampah sembarangan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Padahal kawasan tersebut, bukan merupakan lokasi untuk pembuangan sampah.

Untuk mengatasi banyaknya sampah yang berserakan di pinggir jalan tersebut, warga pun kadang suka membersihkannya dengan dibakar.Namun, tanpa dia sadari upaya pembakaran sampah yang dilakukannya itu ternyata malah mengganggu para pengguna jalan.

Seperti dikatakan Ruhiat (46) warga Desa Sukatali Kec. Situraja. Salah seorang pengendara motor ini, mengaku sering terganggu dengan asap dari pembakaran sampah di pinggir jalan sekitar Cadas Bodas tesebut.

Menurutnya, bau yang disertai asap akibat pembakaran sampah di tempat pembuangan sampah liar itu memang sangat mengganggu kenyamanan dan jarak pandang mereka saat membawa kendaraan.

"Kalau asap pembakaran itu pas lagi tebal, saya pun kadang suka berhenti dulu kepinggir. Soalnya jarak pandang saya lumayan terganggu," katanya.

Ruhiat sendiri memaklumi upaya pembakaran itu, namun kalau bisa sebaiknya jangan dibakar, karena upaya pembakaran sampah seperti itu bisa menimbulkan polusi udara.
Hal yang sama diungkapkan Wawan Setiawan (39) warga Desa Ganeas. Menurut Wawan, pembakaran sampah di sekitar Cadas Bodas itu memang sudah sangat sering terjadi. 
Untuk itu, dia berharap kepada pengelola jalan dan juga pengelola kebersihan, agar terus memantau kawasan Cadas Bodas, supaya tidak terus-terusan dijadikan lokasi pembuangan sampah sembarangan oleh masyarakat.

"Memang niatnya bagus ingin membersihkan sampah. Tapi dampaknya kan bisa mengganggu pengguna jalan. Bagusnya, memang harus ada petugas kebersihan yang selalu membersihkan kawasan ini, soalnya di sini hampir tiap hari juga suka ada yang buang sampah sembarangan," katanya kepada wartawan Kabar Priangan Taufik Rochman.***

Bagikan: