Pikiran Rakyat
USD Jual 14.007,00 Beli 14.105,00 | Umumnya cerah, 25.8 ° C

9 Calon Haji Cadangan dari Pangandaran Diberangkatkan

Agus Kusnadi
SEBANYAK 9 calon jemaah haji cadangan dari Pangandaran dilepas dan diberangkatkan oleh Sekda Pangandaran Kusdiana di halaman kantor Bupati di Parigi, Jumat, 2 Agustus 2019.*/AGUS KUSNADI/PR
SEBANYAK 9 calon jemaah haji cadangan dari Pangandaran dilepas dan diberangkatkan oleh Sekda Pangandaran Kusdiana di halaman kantor Bupati di Parigi, Jumat, 2 Agustus 2019.*/AGUS KUSNADI/PR

PARIGI, (PR).- Susana haru mewarnai pemberangkatan calom jamaah haji cadangan asal Kabupaten Pangandaran di halaman kantor Bupati Pangandaran setelah dilepas Sekda Pangandaran, Kusdiana, Jumat, 2 Agustus 2019. Pantauan di lokasi pemberangkatan, tampak suasana haru pecah saat keluarga melepas calon jamaah haji, peluk erat, jabat tangan dan pesan terucap sebelum satu persatu calon jamaah haji masuk ke dalam bus.

Saat bus mulai diberangkatkan lambaian tangan mengiringi keberangkatan bus yang ditumpangi calon jamaah haji. Terlihat ada satu mini bus yang digunakan untuk memberangkatkan calon jamaah haji cadangan Pangandaran.

Diketahui calon haji terlebih dahulu akan menuju asrama haji Bekasi sebelum diberangkat ke tanah suci. Menurut jadwal yang diterima redaksi seluruh calon jamaah haji akan diberangkatkan pada tanggal 4 Agustus melalui Bandara Soekarna Hatta.

Kepala Seksi Urusan Haji dan Umrah Kemenag Pangandaran, Ujang Sutaryat mengatakan, nantinya seluruh calon jamaah haji cadangan akan diberangkatkan bersama calon haji asal Kab Bandung di kloter 92 dan akan diberangkatkan dari bandara Soekarno-Hataa pada tanggal 4 Agustus 2019 pukul 00.15 WIB menggunakan pesawat Saudi Airlens SV 5611. 

Kantor Kementerian Agama Pangandaran akan berangkatkan sembilan calon jamaah haji cadangan, pemberangkatan akan dilaksanakan pada 03 Agustus 2019. Dari kesembilan jamaah itu diantaranya Entang Wahyudi, Icah Cahyati, Iis Suryani, Ruslia Dianata, Kasid Sutisna, Sutiah, Sobarna Adi, Ooy Yulia Rukoyah, dan Jujum Jumjati.

Ujang mengatakan, total ada sembilan calon jamaah haji cadangan yang masuk dalam perhitungan keberangkatan pada tahun 2019. “Kemarin sudah dicek saat rapat persiapan pemulangan calon jamaah haji di Bandung, alhamdulillah visa beserta paspor sudah selesai, dari 9 orang calon haji yang masuk cadangan murni hanya 2 orang saja sisanya mutasi,” ucapnya.

Dia menerangkan bahwa calon jamaah haji yang masuk kategori cadangan akan mengisi sisa kuota yang kosong akibat adanya jamaah yang tidak melunasi ditahap kesatu dan kedua dan lunas tunda, dengan prioritas sesuai urutan nomor porsi yang masuk dalam alokasi kuota tahun 1440H/2019M sebanyak lima persen. “Jadi pada mulanya cadangan itu berangkat tahun depan, sesuai dengan nomor porsi yang ada di Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) tapi dengan catatan dia siap melunasi dan diberangkat dengan kloter lain,” tuturnya.

Diketahui, Pangandaran mendapatkan tambahan kuota haji reguler sebanyak 32 orang semula 387 orang menjadi 419 termasuk kuota cadangan.***

Bagikan: