Pikiran Rakyat
USD Jual 14.099,00 Beli 14.197,00 | Sedikit awan, 19.8 ° C

Seragam Batik Sejumlah Daerah Diproduksi Perajin Pangandaran

Tim Pikiran Rakyat
PEMBATIK asal Dusun Garunggang Desa Kondangjajar Kecamatan Cijulang Rusdaya Saleh Hidayat (62) sering memberikan pelatihan membatik.*/MUSLI JERRY/KABAR PRIANGAN
PEMBATIK asal Dusun Garunggang Desa Kondangjajar Kecamatan Cijulang Rusdaya Saleh Hidayat (62) sering memberikan pelatihan membatik.*/MUSLI JERRY/KABAR PRIANGAN

PANGANDARAN,(PR).- Motif batik Pangandaran cukup unik. Motif batik yang diangkat para perajin kadang mewakil sejumlah objek wisata yang ada di Pangandaran. Kondisi itu, dimaksudkan untuk memperkenalkan wisata Pangandaran lewat batik.

Pemasaran batik Pangandaran tidak hanya diminati masyarakat lokal. Ternyata batik Pangandaran sudah dikenal secara nasional. Terbukti, para perajin banyak menerima pesanan dari berbagai kota. Uniknya lagi, para perajin batik Pangandaran sering mendapat order khusus, dengan kata lain motifnya sesuai pesanan yang berminat membeli.

Pembatik asal Dusun Garunggang Desa Kondangjajar Kecamatan Cijulang, Rusdaya Saleh Hidayat (62) mengatakan, selama membatik ternyata sudah sering menerima pemesanan membatik dari berbagai daerah yang rata-rata untuk seragam pegawai Pemerintah Daerah atau organisasi wanita lainnya.

"Pernah pesanan dari Dekrasnasda Pemda Bangli Bali, mereka hanya memberikan motif dan dibuatkan di sini. Tidak menyangka aktivitas membatik di Pangandaran sudah dikenal di Bali," ungkapnya, Senin 22 Juli 2019.

Dirinya sekarang sedang memproduksi beberapa batik yang jenisnya seperti tugu marlin, udang samudra, bintang marlin, pakis marlin dan menjual dengan harga dari mulai Rp 75.000,- hingga Rp 250.000,- per lembarnya dan bila modelnya full batik tulis harganya Rp 500.000,-.

"Bila bahannya lebih bagus bisa mencapai jutaan, itu juga kalau yang mahal memproduksinya bila ada pesanan, baru dibuat," jelasnya kepada wartawan Kabar Priangan, Muslih Jerry.

Rusdaya menambahkan, perajin batik Pangandaran sering kebanjiran order pesanan. Pihaknya pernah mendapat pesanan dari Bekasi. Pemesan berasal darik utusan Pemda Bekasi dan mereka memberikan motif sendiri yang kemudian dibuatkan bisa langsung diproduksi.***

Bagikan: