Pikiran Rakyat
USD Jual 14.285,00 Beli 14.187,00 | Sedikit awan, 26.3 ° C

Dari 3 Kini Berkembang ada 161 KWT, Sebagian Besar Andalkan Jahe

Tim Pikiran Rakyat
TIM Monev 10 Program PKK dan Hatinya (Halaman, Asri,Teratur,Indah dan Nyaman) PKK saat melakukan penilaian di wilayah Desa Kujasangsari Kec Langensari dan Desa Karyamukti Kec Pataruman, Selasa 23 Juli 2019.*/DEDE IWAN/KABAR PRIANGAN
TIM Monev 10 Program PKK dan Hatinya (Halaman, Asri,Teratur,Indah dan Nyaman) PKK saat melakukan penilaian di wilayah Desa Kujasangsari Kec Langensari dan Desa Karyamukti Kec Pataruman, Selasa 23 Juli 2019.*/DEDE IWAN/KABAR PRIANGAN

BANJAR, (PR).- Kelompok Wanita Tani (KWT) Kota Banjar terus berkembang. Berawal hanya ada 3 KWT, saat ini mengalami banyak perubahan jumlahnya menjadi 161 KWT. 

Ketua Pokja 3 Tim Penggerak PKK KOta Banjar, Hj.Lalak Siti Malak Suharyono, Selasa 23 Juli 2019, mengatakan, tumbuh kembang KWT di Kota Banjar sejak Ketua TP PKK Kota Banjar dijabat Hj. Ade Uu Sukaesih.

"Alhmadullilah, berkah dicongcotan (diberi modal) Ketua TP PKK Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih dahulu, keberadaan KWT di Kota Banjar dirasakan masyarakat," ujar Hj. Lalak, di sela-sela Monev 10 Program PKK Tingkat Kota Banjar dan penilaian Hatinya PKK di Kujangsari Kec Langensari. 

Dijelaskan dia, di antara KWT yang ada di Kota Banjar selama ini, banyak yang mengunggulkan tanaman jahe, kapol, lada, cengek dan sejumlah komoditas pertanian lainnya. 

"Tanaman jahe yang bibitnya diperoleh dari perusahaan Bintang Toejoeh (Bejo), hasil panennya pun diterima perusahaan Bejo lagi sekarang ini," ujar Hj.Lalak kepada wartawan Kabar Priangan Dede Iwan.

Menurutnya, KWT sudah bekerja sama Bejo selama sebanyak 7 KWT. Di antaranya, KWT Mekarjaya Dusun Sindangmulya Desa kujangsari, KWT  Sinar Sejahtera, Dusun Sinargalih Desa Langensari, KWT Rahayu Anom Lingkungan Siluman baru Kel Purwaharja, KWT Kenanga Dusun Gardu Desa Balokang, KWT Teratai Indah Desa Sinartanjung, KWT Bagus Santri Desa Rejasari dan KWT Mekarmulya Desa Balokang. 

Hasil pertanian KWT selama ini, dikatakan dia, berhasil mencukupi kebutuhan keluarga sehari-hari. "Misal saat butuh cengek, tak harus beli ke warung atau pergi ke pasar lagi," ucapnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, 161 KWT yang tersebar di 25 desa/kelurahan se-Kota Banjar saat ini sedang di monitoring dan evaluasi (monev) TP PKK Kota Banjar. 

"Direncanakan juara KWT Tingkat Kota Banjar dijadikan duta Kota Banjar maju pada perlombaan tingkat Provinsi Jabar mendatang,"ujarnya seraya menjelaskan monev 10 program PKK pada hari pertama selesai dilaksanakan di wilayah Desa Kujasangsari Kec Langensari dan Desa Karyamukti Kec Pataruman.***

Bagikan: