Pikiran Rakyat
USD Jual 14.068,00 Beli 13.768,00 | Sebagian berawan, 24.9 ° C

Waduk Jatiluhur Sudah Siap Jadi Lokasi Lomba Paddleboard Susi Pujiastuti vs Mark Zuckerberg

Hilmi Abdul Halim
*/HILMI ABDUL HALIM/PR
*/HILMI ABDUL HALIM/PR

PURWAKARTA, (PR).- Waduk Jatiluhur siap menjadi lokasi perlombaan paddleboard antara Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti melawan pendiri Facebook Mark Zuckerberg. Kesiapan dan kelayakannya ditunjukkan dengan menyelenggarakan perlombaan tingkat nasional.

Kegiatan bertajuk "The 1st Jatiluhur Stand Up Paddle and Kayak Exhibition" itu diselenggarakan pada akhir pekan ini, 13-14 Juli 2019. "Kami menantang mereka berdua untuk unjuk kebolehan bermain paddleboard di Waduk Jatiluhur," ujar Ketua Panitia, Dadan Hidayat, Sabtu, 13 Juli 2019.

Tantangan Susi kepada Mark banyak mengundang perhatian warganet akhir-akhir ini. Menteri yang gemar bermain olahraga tersebut menantang Mark di kolom komentar dari foto yang diunggah di akun media sosialnya. Foto tersebut menggambarkan Mark yang tengah berolahraga paddleboard.

Susi menantang Mark berlomba paddleboard seperti yang pernah ia lakukan kepada mantan Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Tantangan tersebut secara tidak langsung juga mempromosikan olah raga paddleboard yang awalnya belum terlalu dikenal masyarakat Indonesia. 

Susi menantang Mark bertanding paddleboard seperti yang disampaikan Susi di kolom komentar akun Instagram milik Mark. Susi bertujuan, jika ia memenangi tantangan ini hadiahnya berupa saham Facebook sebesar 10 persen. Dimana nantinya, pendapatan dari saham tersebut akan digunakan Susi untuk membangun dan meningkatkan kualitas kelautan dan bidang perikanan Indonesia.

"Waduk Jatiluhur sudah dinyatakan layak untuk dijadikan tempat bermain paddleboard," ujar Dadan meyakinkan.

Mengutip pernyataan pendiri Komunitas Stand-up Paddleboard Indonesia Hariyanto, ia menyebutkan kelayakannya berdasarkan area yang luas, ombak dan angin yang tenang. Pengelola Waduk Jatiluhur Perum Jasa Tirta II berupaya memanfaatkan popularitas olahraga tersebut untuk mempromosikan potensi pariwisata setempat. Bendungan yang terletak di Kabupaten Purwakarta itu sebelumnya juga pernah dijadikan pusat pelatihan nasional olahraga dayung.

Dadan yang menjabat Sekretaris PJT II itu mengatakan, pemandangan matahari terbenam di Waduk Jatiluhur juga sangat indah. Pemandangan alam yang masih alami menambah daya tarik dan sensasi bagi para peserta perlomba paddleboard kali ini.

Para peserta diajak untuk menikmati wahana wisata yang disediakan di sekitar bendungan. Seperti, wahana rekreasi air untuk keluarga bernama Jatiluhur Water World di kawasan wisata Grama Tirta Waduk Jatiluhur yang terletak persis di bibir bendungan.

Selain perlombaan tersebut, Direktur Utama PJT II Saefudin Noer mengatakan pihaknya juga akan menyelenggarakan berbagai kegiatan lainnya. "Kami juga akan menyelenggarakan festival jazz internasional sekitar September 2019 nanti," katanya.

Rangkaian kegiatan itu diakui untuk mempromosikan potensi pariwisata di Waduk Jatiluhur. Upaya tersebut sengaja dilakukan seiring rencana pengembangan sektor pariwisata oleh pengelola bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat.***

Bagikan: