Pikiran Rakyat
USD Jual 14.106,00 Beli 13.806,00 | Sebagian berawan, 20.3 ° C

Banyak Bumdes Hancur karena SDM tak Cakap

Nurhandoko
SOSIALISASI mengenai Bumdes di Aula Setda Ciamis, Kamis, 11 Juli 2019.*/NURHANDOKO/PR
SOSIALISASI mengenai Bumdes di Aula Setda Ciamis, Kamis, 11 Juli 2019.*/NURHANDOKO/PR

CIAMIS,(PR).- Keberadaan sumber daya manusia (SDM) menjadi kunci keberhasilan berkembangnya badan usaha milik desa (Bumdes). Usaha yang dikelola Bumdes banyak yang hancur, disebabkan karena pengurusnya kurang memiliki kemampuan manajerial kewirausahaan.

Wakil Bupati Ciamis Yana D. Putera mengatakan hal itu usai membuka Sosialisasi Kerjasama Bumdes dalam rangka pembentukan bisnis BUMN Shop dan Pertashop, di aula Setda Ciamis, Kamis, 11 Juli 2019. 

“Kuncinya terletak pada SDM. Kondisi itu yang saat ini banyak ditemukan, sehingga tidak sedikit Bumdes yang tutup. Salah satu upaya meningkatkan kemampuan melalui pelatihan serta keterampilan. Keterbatasan pemasaran juga termasuk persoalan yang banyak dialami Bumdes,” tutur Yana.

Menurut Yana, pembangunan masyarakat di pedesaan tidak lepas dari adanya dukungan dari SDM, sumber daya alam, serta pemasaran.  Dengan demikian untuk mendapatkan SDM yang mumpuni,  proses perekrutan pengurus harus dilakukan dengan selektif.

“Bumdes memiliki potensi yang besar dalam upaya ikut membangun serta meningkatkan kesejahetaraan masyarakat. Dengan demikian, pengurusnya juga harus yang benar-benar mumpuni. Dengan pengelolaan yang benar, Bumdes dapat menjadi soko perekonomian masyarakat desa,” ujarnya.***

Bagikan: