Pikiran Rakyat
USD Jual 14.118,00 Beli 14.216,00 | Sebagian cerah, 29.9 ° C

Kampoeng Ciherang di Sumedang, Objek Wisata yang Menawarkan Ketenangan

Tim Pikiran Rakyat
WAHANA wisata di Kampoeng Ciherang, Sumedang/ARSYAD DENA MUKHTAROM
WAHANA wisata di Kampoeng Ciherang, Sumedang/ARSYAD DENA MUKHTAROM

OBJEK wisata Kampoeng Ciherang terletak di Desa Cijambu, Tanjungsari, Sumedang. Kawasan ini tergolong sejuk karena dikelilingi pepohonan besar dan rindang. Pemandangan yang menyejukkan mata akan segera terasa sesaat setelah sampai di lokasi.

Wahana permainan yang terdapat di Kampoeng Ciherang sangat beragam mulai dari wahana untuk bersantai dan berefleksi, hingga yang menantang adrenalin. Di Kampoeng Ciherang terdapat kolam renang alam, arung jeram mini, sepeda gantung, mancakrida untuk anak-anak, arena berkuda, dan tentunya lokasi berfoto yang menarik.

Untuk harga tiket masuk, pengunjung dewasa hanya perlu merogoh kocek Rp 30.000. Harga tersebut sudah termasuk biaya penggunaan wahana permainan terkecuali berkuda.

WAHANA wisata di Kampoeng Ciherang, Sumedang/ARSYAD DENA MUKHTAROM

Pada awalnya, kawasan Kampoeng Ciherang merupakan lokasi hutan pinus yang biasa dipakai berkemah dan berwisata alam oleh warga setempat. Lahannya dipenuhi pohon pinus dan terdapat aliran sungai berair jernih yang dikenal sebagai sungai Ciherang.

Kawasan hutan itu berada di bawah pengelolaan Perhutani KPH Sumedang BKPH Manglayang Timur RPH Cijambu. Tempat itu sebelumnya tidak dikelola untuk dijadikan kawasan wisata. Warga dan pemerintah Desa Cijambu lantas mendesak pengelola untuk mengubah kawasan sekitar aliran sungai Ciherang menjadi kawasan wisata sejak 2016.

Banyak pengunjung berlibur ke Kampoeng Ciherang terutama dari luar Sumedang yang penasaran dengan keindahan Kampoeng Ciherang.

“Saya bermain ke sini karena suasananya asri dan udaranya sejuk, belum terkontaminasi polusi udara,” ujar Iskandar, yang sedang berlibur bersama keluarganya.

WAHANA wisata di Kampoeng Ciherang, Sumedang/ARSYAD DENA MUKHTAROM

WAHANA wisata di Kampoeng Ciherang, Sumedang/ARSYAD DENA MUKHTAROM

Tidak setiap waktu Kampoeng Ciherang dipadati wisatawan. Pada momen-momen tertentu saja Kampoeng Ciherang ramai. Selebihnya justru sepi. “Biasanya Kampoeng Ciherang dipadati pengunjung ketika libur Lebaran dan tahun baru. Paling sedikit pengunjung itu pada hari-hari sekolah,” ujar Dindin, pengurus Kampoeng Ciherang.  

Rute perjalanan

Untuk menuju Kampoeng Ciherang, pengunjung dari Sumedang hanya perlu berbelok ke kanan setelah melewati SMPN 1 Tanjungsari, kemudian lurus dan mengikuti beberapa petunjuk jalan.

Sementara jika berangkat dari Bandung, pengunjung tinggal berbelok ke kiri setelah melewati gedung Ganesha Operation cabang Tanjungsari, kemudian mengambil jalan lurus dan mengikuti petunjuk jalan. Pengunjung akan tiba dalam waktu sejam jika perjalanan tidak terkendala.

Kampoeng Ciherang dapat menjadi alternatif wisata alam bagi orang-orang yang sudah bosan berlibur ke tempat-tempat yang ramai. (Arsyad Dena Mukhtarom)***

Bagikan: