Pikiran Rakyat
USD Jual 14.089,00 Beli 14.187,00 | Sedikit awan, 19.1 ° C

Bupati Jeje Kawal Jemaah Calon Haji hingga ke Bekasi

Tim Pikiran Rakyat

BUPATI Pangandaran H Jeje Wiradinata saat membuka pelaksanaan manasik haji yang digelar selama dua hari yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Kab Pangandaran di gedung Islamik Center Cijulang Kab Pangandaran, Rabu, 10 Juli 2019.*/AGUS KUSNADI/KABAR PRIANGAN
BUPATI Pangandaran H Jeje Wiradinata saat membuka pelaksanaan manasik haji yang digelar selama dua hari yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Kab Pangandaran di gedung Islamik Center Cijulang Kab Pangandaran, Rabu, 10 Juli 2019.*/AGUS KUSNADI/KABAR PRIANGAN

PARIGI,(PR).- Untuk pemberangkatan jemaah calon haji (calhaj) asal Kabupaten Pangandaran tahun ini akan dikawal langsung oleh Bupati H Jeje Wiradinata mulai dari pemberangkatan hingga ke embarkasi Bekasi.

"Nanti saya ikut naik bus bareng para jemaah calon haji sampai ke Bekasi," ucap Jeje, usai membuka pelaksanaan manasik haji yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Kab. Pangandaran di gedung Islamic Center Cijulang, Rabu, 10 Juli 2019.

Tujuan keikutsertaan dirinya untuk mengantar jemaah calon haji ke Bekasi itu, menurut Jeje, agar dirinya bisa mengetahui kondisi kesehatan secara langsung para calon haji asal Kab. Pangandaran mulai dari diberangkatkan hingga memasuki embarkasi di Bekasi. 

"Sekaligus supaya bisa mengetahui makanan yang diberikan kepada para calon jemaah haji, makananya bagus gak, kalau kurang kita akan tambah lagi anggarannya," ujar Jeje. 

Jeje mengatakan, pemerintah daerah membantu anggaran untuk proses pemberangkatan para jemaah calon haji hingga Bekasi dan membantu biaya makan dan minum sebanyak dua kali, berikut dengan proses kepulangannya dari Bekasi ke Pangandaran. 

"Jadi biaya untuk bus pengantar berikut dua kali makan selama dalam perjalanan baik saat berangkat maupun saat pulang ke Pangandaran, Pemda yang tanggung biayanya," ujar Jeje. 

Jeje juga menyampaikan kepada para jemaah calon haji untuk menjaga kondisi kesehatan, konsultasikan kesehatannya kepada dokter dan petugas pendamping.

"Supaya ketika pulang menjalankan ibadah haji tetap sehat dan menjadi haji yang mabrur," harapnya. 

99 persen

Sementara Kepala Kementerian Agama Kab Pangandaran, H. Cece Hidayat mengatakan, ada 410 calon haji yang akan diberangkatkan pada 19 Juli 2019 melalui kloter 45 Jks gelombang II awal. 

Dari ke 410 calhaj tersebut, kata Cece, terdiri dari 6 KBIH yang ada di Kab. Pangandaran ditambah 6 petugas pendamping dan mutasi dari luar daerah sebanyak 5 orang. 

"Sedangkan untuk calhaj susulan sebanyak 6 orang yang dari luar daerah (Bandung, Garut dan Cimahi) yang pindah alamat ke Pangandaran akan diberangkatkan melalui kloter 92 pada gelombang II akhir Agustus 2019," ujar Cece. 

Cece mengatakan, untuk proses administrasi dan kelengkapan para jemaah calon haji sudah mencapai 99 persen.

"Imbauan saya karena untuk kelengkapan administrasi sudah lengkap, paspor, visa juga sudah termasuk kesiapan dari panitia, tinggal kesiapan dari para calhaj baik kondisi mental, spiritual fisik dan kesehatannya," ujar Cece, seraya dirinya menambahkan, bahwa untuk calon jemaah haji yang akan diberangkatkan pada kloter 45 yang tertua berusia 85 tahun (Zukarna bin Jiun) dan termuda usia 23 tahun yang merupakan putranya.

"Yang usia 23 tahun itu anak, istri saya ikut," katanya kepada wartawan Kabar Priangan, Agus Kusnadi.***

Bagikan: