Pikiran Rakyat
USD Jual 14.106,00 Beli 13.806,00 | Sebagian berawan, 20.3 ° C

Untuk Mulai Beroperasi, RSU Pangandaran Harus Penuhi 20 Syarat

Agus Kusnadi
SEKRETARIS Daerah Pangandaran, Kusdiana, bersama tim saat meninjau lokasi pembangunan RSU Pangandaran, Senin, 8 Juli 2019. RSU Pangandaran rencananya akan mulai beroperasi tahun depan.*/AGUS KUSNADI/PR
SEKRETARIS Daerah Pangandaran, Kusdiana, bersama tim saat meninjau lokasi pembangunan RSU Pangandaran, Senin, 8 Juli 2019. RSU Pangandaran rencananya akan mulai beroperasi tahun depan.*/AGUS KUSNADI/PR

PARIGI,(PR).- Pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum (RSU) Pangandaran ditargetkan akan mulai berlangsung pada 2020 mendatang. Untuk memulai pengoperasiannya, Pemerintah Kabupaten Pangandaran mutlak harus memenuhi 20 syarat yang diajukan. 

"Sebanyak 20 syarat tersebut bukan kita yang mengada-ada, tetapi itu ada aturannya," tutur Konsultan Kedokteran Indonesia Grace Virginia Gumuruh, usai menghadiri rapat teknis bersama tim dari Pemkab Pangandaran dan Unpad, Senin, 8 Juli 2019.

Dituturkan Grace, hal tersebut dalam Peraturan Menteri Kesehatan nomor 56 tahun 2014. Sedangkan petunjuk teknisnya sudah dikeluarkan pada 2017.

"Jadi nanti kalau ada yang kurang-kurang, bisa kita persiapkan hingga direkturnya sudah dibentuk dan diangkat," ujarnya. 

Grace melanjutkan, 20 syarat itu ada hal-hal khusus yang harus diperhatikan, seperti sertifikat uji fungsi, kelaikan bangunan, dan lain-lain. 

"Kalau bangunan bagus tapi roboh kan pasiennya juga yang kena. Jadi keamanan dan kenyamanan pasien itu harus diutamakan," ujarnya. 

Grace juga mengatakan, pelayanan dari tenaga medis, termasuk tim dokter, juga harus diutamakan. "Tenaga medis atau dokter kalau judes, nanti pasien bisa sakit kepala. Tapi kalau baik dan ramah, pasien akan cepat sembuh. Nah, pelayanan semacam itu juga perlu diperhatikan," tuturnya.

Saat ini, jumlah penduduk di Kabupaten Pangandaran sekitar 422 ribu orang.

 

Melengkapi persyaratan

Sementara itu, Sekda Pangandaran Kusdiana mengatakan, tim sudah bekerja dengan baik dengan beberapa dinas terkait untuk melengkapi persyaratan yang perlu dipenuhi untuk operasional RSU Pangandaran. 

"Untuk persyaratan sudah lengkap, tinggal meng-klop-kan saja seperti yang diatur dalam Permenkes tadi. Kalau untuk pengisian SDM sih kita sudah siap, kalau ada kekurangannya kita bisa kerjasamakan dengan pihak Unpad Bandung," ujarnya. 

Berdasarkan hasil peninjauan ke lokasi pembangunan RSU, Kusdiana meyakini dengan kekuatan bangunan RSU, sehingga diprediksi bisa aman untuk di daerah rawan gempa seperti Pangandaran.

"Katanya sih kekuatan bangunan bisa dua setengah kali lipat dari kekuatan bangunan biasa," ujarnya.***

Bagikan: