Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Umumnya cerah, 29.2 ° C

Pencuri Uang di ATM Ditangkap Saat Beraksi di Jatiwangi Majalengka

Tim Pikiran Rakyat
ILUSTRASI pencurian uang di ATM.*/DOK. PR
ILUSTRASI pencurian uang di ATM.*/DOK. PR

MAJALENGKA, (PR).- Polsek Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, menangkap pelaku pembobol Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dengan cara ganjal lubang ATM, ketika sedang beraksi. Pelaku bernama Agam Iskandar (28), warga Pasar Lontar, Tugu Utara, Jakarta Utara itu, ditangkap Minggu, 7 Juli 2019, di area peristirahatan 166 ruas Tol Cikampek-Palimanan yang berada di wilayah Jatiwangi.

Dari tangan tersangka, kepolisian menemukan barang bukti berupa 24 kartu  ATM. Kartu ATM yang dimilikinya itu terdiri dari sembilan kartu ATM Bank Mandiri, enam kartu ATM BNI, lima kartu ATM BCA, dan empat kartu ATM BRI, seperti dilaporkan Tati Purnawati dari Kabar Cirebon.

Menurut Kapolres Majalengka, Ajun Komisaris Besar Polisi Mariyono, yang didampingi Kapolsek Jatiwangi, Ajun Komisaris Polisi Asep S Fiqih, tersangka ditangkap sekitar pukul 11.30 WIB di gerai ATM tempat peristirahatan km 166. Saat itu, ia sedang melakukan aksi pencurian ATM milik Nanda Umbara (52) warga Dukuh Druwo, Kelurahan Bangunharjo, Bantul, Yogyakarta.

Berdasarkan keterangan tersangka, beberapa jam sebelum  Nanda Umbara masuk ke loket ATM, tersangka serta temannya Agus dan Marsan yang juga warga Jakarta dan kini masih buron, masuk ke ATM. Agam dan Agus mengganjal lubang kartu ATM dengan menggunakan tusuk gigi, sedangkan Marsan menunggu di luar mengawasi sekitar lokasi kejadian.

Setelah mereka keluar dari ruang ATM, tidak lama kemudian Nanda Umbara masuk ke loket ATM. Ia pun kesulitan memasukkan kartu miliknya. Agam kemudian masuk dan berpura-pura membantu korban dengan memandu melakukan pengambilan uang. Sedangkan, Agus mengawasi jari Nanda saat memijit nomor PIN ATM.

SEBANYAK 24 kartu ATM milik pelaku pengganjal dan penukar ATM diamankan pihak kepolisian Sektor Jatiwangi, bersama satu pelaku pembobol ATM yang ditangkap ketika beraksi di gerai ATM di tempat peristirahatan km 166 Jatiwangi, ruas tol Cikampek-Palimanan, Minggu, 7 Juli 2019.*/TATI PURNAWATI/KC

Korban melihat tersangka menukar kartunya dan spontan berteriak maling

Karena korban tetap merasa kesulitan untuk memasukan kartu, Agam kemudian meminta kartu ATM korban dengan alasan akan mencoba membantunya. Tersangka pun langsung menukar kartu ATM milik korban dengan ATM yang dipegangnya dengan sangat cepat.

Beruntung, saat tersangka menukar kartu ATM, korban melihatnya dan langsung  berteriak maling. Anggota satpam di tempat peristirahatan itu, Deni Wahidin (26), segera mendekati lokasi kejadian begitu mendengar teriakan dan langsung menangkap Agam.

Kebetulan juga, saat itu aparat dari Kepolisian Sektor Jatiwangi tengah melakukan patroli dan tersangka langsung diamankan di Mapolsek Jatiwangi. Dua temannya, Marsan dan Agus, berhasil kabur menggunakan mobil ke arah Jakarta.

Kepada penyidik, tersangka Agam mengaku bahwa mereka sudah berulang kali melakukan modus pencurian ganjal ATM dan menukar kartu ATM milik para korban. Hasil pembobolan dari kartu ATM korban biasanya dibagi bersama dengan temannya setelah dikurangi biaya operasional berupa sewa kendaraan, makan di perjalanan, dan BBM.

Kapolres mengatakan, tersangka akan dijerat dengan Pasal Pasal 363 sub  53 KUHP. “Polisi juga kini tengah memburu pelaku lainnya yang bekerjasama dengan Agam,” katanya.***

Bagikan: