Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Sedikit awan, 20.5 ° C

Janda Penjual Serabi, Rumahnya Ambruk

Tim Pikiran Rakyat
WARGA  sedang membongkar rumah milik Ny. Emin di Dusun Babakan Caringin Desa Cipanas Kecamatan Tanjungkerta, yang ambruk, Kamis 4 Juli 2019.*/TAUFIK ROCHMAN/KABAR PRIANGAN
WARGA sedang membongkar rumah milik Ny. Emin di Dusun Babakan Caringin Desa Cipanas Kecamatan Tanjungkerta, yang ambruk, Kamis 4 Juli 2019.*/TAUFIK ROCHMAN/KABAR PRIANGAN

SUMEDANG,(PR).- Sudah jatuh tertimpa tangga pula. Peribahasa ini sepertinya sangat tepat dengan nasib yang dialami keluarga Ny. Emin (85) warga Dusun Babakan Caringin RT 02/06 Desa Cipanas Kec. Tanjungkerta.

Betapa tidak begitu, dalam kondisi hidup yang serba kekurangan, janda tua yang hanya tinggal dengan anak satu-satunya yang berkebutuhan khusus itu, kini harus kehilangan rumahnya, karena ambruk akibat lapuk dimakan usia, Kamis 4 Juli 2019.

Padahal bagi janda yang hanya mengandalkan hidup dari hasil berjualan serabi tepung itu, rumah semi permanen ukuran 5 x 8 meter ini merupakan satu-satunya harta berharga yang dia miliki.

Kondisi yang dialami keluarga Ny. Emin ini, tentu menimbulkan keprihatinan bagi masyarakat di sekitarnya. Karenanya, ketika rumah Ny. Emin ini ambruk, warga pun langsung beramai-ramai membongkarnya. Bahkan Ny. Emin bersama anaknya pun untuk sementara ini, langsung diungsikan ke rumah tetangga dekatnya, sampai rumah tersebut bisa diperbaiki kembali.

Melihat kondisi demikian, Pemerintah Desa Cipanas tentu tidak tinggal diam. Sebab, tak lama setelah kejadian, pihak desa langsung berkoordinasi dengan intitusi terkait agar rumah milik Ny. Emin ini bisa secepatnya diperbaiki kembali, termasuk mengumpulkan sejumlah bantuan sembako untuk meringankan beban keluarga korban.

"Rumah Ibu Emin ini sebenarnya sudah kami masukan dalam Program Rutilahu tahun 2019 ini. Namun sayang, sebelum program itu cair, rumahnya malah keburu ambruk," kata Kepala Desa Cipanas, Asep Lantifan kepada wartawan Kabar Priangan, Taufik Rochman.

Namun demikian, karena kondisi ini darurat, pihaknya saat itu juga langsung berkoordinasi dengan Bupati Sumedang. Dan sesuai arahan Bupati, pihak desa disarankan untuk berkoordinasi dengan Baznas.

Menurut rencana, Baznas Sumedang juga Jumat (5/7/2019) ini akan datang untuk menyurvei lokasi, sebelum nantinya akan mengucurkan bantuan untuk perbaikan rumah tersebut.

"Insya Alloh besok dari Baznas akan datang ke sini. Jadi mudah-mudahan saja, bangunan rumah Bu Emin ini bisa secepatnya diperbaiki. Sementara untuk kebutuhan pokoknya, Almadulillah sudah sudah tersedia, tinggal menyerahkan saja," ujar Asep.

Bahkan untuk penanganan sementara, pihak desa sudah turun ke lapangan dan mengajak warga untuk bersama-sama menjaga dan memperhatikan keluarga Ny. Emin yang kini diungsikan di tetangganya. "Alhamdulillah kondisi Bu Emin dan anaknya dalam keadaan sehat. Insya Alloh kami akan terus memantau keberadaanya," kata Asep.***
 

Bagikan: